Minta Komnas HAM Dibubarkan, Natalius Pigai: Fahri Hamzah Itu Asal Bunyi

harianpijar

JAKARTA, harianpijar.com – Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menilai ucapan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, tidak mengerti peranan Komnas HAM.

“Fahri itu asbun (asal bunyi). Dia nggak paham Komnas HAM itu kan mengawasi. Dirjen HAM itu eksekutif unit pelaksana, Komnas HAM yang mengawasi pelaksanaannya,” kata Natalius Pigai di DPR ,Senayan, Selasa 4 Juli 2017.

Diketahui, pernyataan Natalius Pigai merespon gagasan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengenai pentingnya evaluasi terhadap Komnas HAM dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dianggap sudah tidak relevan.

Baca juga:   Pansus Angket KPK Temui Koruptor di Lapas, Komnas HAM: Tindakan Membahayakan

Lain itu, pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sudah mengalami konsolidasi demokrasi dan penguatan institusi.

“Lembaga-lembaga ini sebetulnya sudah tidak diperlukan. Coba evaluasi lagi jangan-jangan lembaga ini enggak diperlukan, mumpung lagi hemat sekarang bubarin aja toh enggak ada fungsinya di negara kok,” kata Fahri Hamzah di gedung DPR, Senin 3 Juli 2017.

Namun, Natalius Pigai saat ditanya apa tujuan kedatangan ke DPR, hari ini, apakah untuk bertemu Fahri Hamzah, Natalius Pigai dengan tegas mengatakan, tidak.

Baca juga:   Polda Sulsel: Karena Tidak Berizin, 2500 Personel Polisi Siap Bubarkan Acara HTI di Makassar

“Nggak kok. Ngapain ketemu Fahri Hamzah,” kata Natalius Pigai.

Lebih lanjut, dijelaskan Natalius Pigai, lembaga Komnas HAM tidak dapat dibubarkan karena dibentuk dibawah naungan konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Kalau Komnas HAM induknya bubar, maka pelaksana konvensi yang kecil -kecil bisa dibubarkan juga. Jadi sangat tidak mungkin dibubarkan, karena sama saja Fahri Hamzah melawan PBB,” jelas Natalius Pigai.

SUMBERSuara

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini