Polisi Tangkap Penyebar Hoax Serangan Teroris Mapolda Sumut

kombes-rina-sari-ginting
Kombes Rina Sari Ginting, postingan SH berkaitan dengan insiden penyerangan oleh kelompok teroris ke Mapolda Sumut yang menewaskan seorang personel pada Minggu 25 Juni 2016 lalu.

MEDAN, harianpijar.com – SH (31), warga Desa Tadukanraga, Kecamatan STM Hilir, Deliserdang, Sumatera Utara, ditangkap tim gabungan Polda Sumut dan Polres Deliserdang, Minggu 2 Juli 2017 malam. Pasalnya, SH diduga melakukan penyebar hoax melalui akun media sosial.  Lain itu, penyidik masih mendalami motivasi tersangka menyebarkan berita palsu tersebut.

Menurut Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting, postingan SH berkaitan dengan insiden penyerangan oleh kelompok teroris ke Mapolda Sumut yang menewaskan seorang personel pada Minggu 25 Juni 2016 lalu.

Lebih lanjut, ditegaskan Kombes Rina Sari Ginting, SH dalam postingan menggunakan akun Surya Hadyanto, menulis, “sekadar informasi saja, kebetulan rumah orang tua saya tidak jauh dari mapolda sumut, kebetulan saat berkunjung ke kediaman orang tua, sy dapat kabar peristiwa di mapolda itu karena masalah utang piutang dan pembunuh dan korban sama-sama non muslim. Warga di sekitar mapolda saja heran, kenapa berita di tv jadi masalah teroris. Wallahua’lam.”

Baca juga:   SBY: Diminta Media Jangan Bentur-benturkan Saya Dengan Presiden Jokowi

Selanjutnya, juga dikatakan Kombes Rina Sari Ginting, dirinya memastikan postingan itu hoax. Lain itu, menurutnya, dalam pemeriksaan, SH mengaku tidak mengetahui duduk persoalan sebenarnya karena hanya mendapat cerita dari orangtuanya.

“Tanpa melakukan kroscek pelaku langsung menuliskan informasi itu di akun facebooknya,” kata Kombes Rina Sari Ginting, di medan, Senin 3 Juli 2017.

Sementara, Kombes Rina Sari Ginting juga mengatakan, postingan SH tersebut, cukup menyudutkan polisi dan berpotensi menimbulkan gejolak. Karena itu, dirinya berharap masyarakat pengguna media sosial lebih bijak dalam berkomentar agar tidak menyinggung pihak lain.

Baca juga:   Tanggapi Ngabalin, Abdullah Hehamahua: Adinda Lebih Teroris Lagi

“Harus ada sensor, jangan menyinggung pihak lain, terlebih menyangkut SARA,” kata Kombes Rina Sari Ginting.

Sementara, menurut Kombes Rina Sari Ginting, SH ditangkap di kediamannya di Desa Tadukanraga, Kecamatan STM Hilir, Deliserdang, Minggu 2 Juli 2017 malam.

Akibat perbuatannya, penyidik menjeratnya SH (31) dengan Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar