Fahri Hamzah: Untuk Hemat Anggaran Negara, Usul Ke Presiden Bubarkan Komnas HAM

Fahri-Hamzah
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyarankan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membubarkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Lain itu, karena fungsi lembaga hukum tersebut sama seperti milik Kementerian Hukum dan HAM.

“Saya mengusulkan ke Presiden Jokowi nanti bersama DPR mari kita evaluasi semua lembaga semi negara yang terbentuk yang jumlahnya itu kalau enggak salah 106,” kata Fahri Hamzah di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin 3 Juli 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Fahri Hamzah, Presiden sudah membubarkan beberapa lembaga negara yang memiliki kemiripan fungsi. Karena itu, jika Komnas HAM dibubarkan, dirinya yakin hal itu bisa menghemat anggaran negara lebih banyak lagi.

Baca juga:   ICW: Bukti Untuk Laporkan Fahri Hamzah Ke KPK Lebih Dari Cukup

“Coba evaluasi lagi jangan-jangan lembaga ini enggak diperlukan, mumpung lagi hemat sekarang bubarin aja toh enggak ada fungsinya di negara kok,” tegas Fahri Hamzah.

Menurut Fahri Hamzah, lembaga negara sudah mengalami konsilidasi demokrasi dan penguatan institus secara baik. Lain itu, menurutnya saat ini sudah tidak ada masyarakat yang berani melanggar aturan terkait Hak Asasi Manusia (HAM).

Baca juga:   Soal Firli Bahuri, Fahri Hamzah Sebut KPK Semakin Tampak sebagai Gerakan Politik

“Siapa yang berani melanggar HAM coba. Harusnya kan begitu karena Menkumham sekarang sudah punya lembaga atau lembaga bantuan hukum,” kata Fahri Hamzah.

Selanjutnya, dijelaskan Fahri Hamzah, dilihat dari kinerjanya Komnas HAM sudah kacau sekarang ini.

Selain itu, Fahri Hamzah juga tidak ingin lembaga tersebut sampai membuat kebijakan yang melanggar UU karena tumpang tindih dengan Kementerian Hukum dan HAM.

“Jadi akhirnya lembaga ini tidak relevan. Karena tidak relevan akhirnya manajemen di dalam tambah kacau,” tandas Fahri Hamzah.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar