Sembilan Calon Komisioner Komnas HAM Miliki Kedekatan Dengan Kelompok Radikal

Totok Yuliyanto, ada sembilan orang yang memiliki kedekatan dengan kelompok-kelompok atau organisasi radikal, yang sebenarnya organisasi-organisasi itu memang menjadi koreksi dari Komnas HAM itu sendiri.

JAKARTA, harianpijar.com – Koalisi Selamatkan Komnas HAM menemukan ada calon Komisioner Komnas HAM yang dekat dengan kelompok radikal. Lain itu, kesimpulan itu didapat melalui penelitan rekam jejak 60 calon komisioner yang bakal bertugas periode 2017-2022.

“Ada sembilan orang yang memiliki kedekatan dengan kelompok-kelompok atau organisasi radikal, yang sebenarnya organisasi-organisasi itu memang menjadi koreksi dari Komnas HAM itu sendiri,” kata anggota Koalisi Selamatkan Komnas HAM Totok Yuliyanto, di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu 2 Juli 2017.

Baca juga:   Ingatkan Pejabat, Komnas HAM: Ada Banyak Orang dengan Celana Cingkrang atau Cadar Tak Radikal

Menurut Totok Yuliyanto, di antara kesembilan calon-calon tersebut, ada yang merupakan anggota langsung organisasi radikal, adapula yang merupakan pendukung ataupun simpatisan.

“Di antaranya ada yang menjadi simpatisan maupun anggota HTI,” tegas Totok Yuliyanto.

Lebih lanjut, ditegaskan Totok Yuliyanto, mereka juga menemukan 13 calon berafiliasi dengan partai politik dan 13 orang lainnya berafiliasi dengan korporasi. Sedangkan dari segi integritas, 5 calon diketahui pernah bersinggungan dengan kasus korupsi maupun gratifikasi.

Baca juga:   Ikut Dampingi FPI dan Keluarga 6 Laskar ke Komnas HAM, Begini Kata Mardani PKS

“Meskipun mereka tidak pernah berstatus tersangka, namun nama mereka pernah disebut dalam catatan Badan Pemeriksa Keuangan,” tegas Totok Yuliyanto.

Sementara, hasil penelitian, Koalisi Selamatkan Komnas HAM rencananya diserahkan kepada Panitia Seleksi Calon Komisioner Komnas HAM, Senin 3 Juli 2017 besok. Lain itu, dirinya juga berharap hasil penelitian menjadi bahan pertimbangan panitia seleksi.

“Kami harap Panitia Seleksi nantinya bisa mengeksplorasi dan menilai apakah orang ini layak atau tidak,” tandas Totok Yuliyanto.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar