Pasukan Keamanan Indonesia dan Filipina Patroli Bersama di Laut Sulawesi

patroli-bersama
Mayor Ezra Balagtey, patroli yang terkoordinasi dimaksudkan untuk memperkuat keamanan Teluk Davao dan umum kedua negara di kepulauan selatan, terutama di sepanjang Laut Sulawesi.

MANILA, harianpijar.com – Pasukan keamanan Filipina dan Indonesia akan melakulan patroli bersama di Laut Sulawesi. Lain itu, selain memperkuat keamanan perbatasan, patroli bersama juga dimaksudkan untuk mencegah simpatisan Maute mencapai Pulau Mindanao selatan Filipina.

Menurut Juru bicara militer Mayor Ezra Balagtey mengatakan kapal perang negaranya dan Indonesia akan berlayar dari kota Davao, Filipina, pada Kamis mendatang.

“Patroli yang terkoordinasi dimaksudkan untuk memperkuat keamanan Teluk Davao dan umum kedua negara di kepulauan selatan, terutama di sepanjang Laut Sulawesi,” kata Mayor Ezra Balagtey, Minggu 2 Juli 2017.

Baca juga:   Kadiv Humas Polri: Bom Kampung Melayu Terkait Ledakan Manchester Inggris

Lebih lanjut, ditegaskan Mayor Ezra Balagtey, hal itu dilakukan karena pemerintah daerah khawatir para simpatisan yang bersimpati kepada kelompok Maute yang diyakini terafiliasi ISIS akan melintasi perbatasan maritim dari Malaysia dan Indonesia. Lain itu, tujuannya tidak lain yakni untuk bergabung dengan kelompok pemberontak yang merebut kota Marawi lima pekan lalu.

Sementara, patroli terkoordinasi atau gabungan ini merupakan yang kali ketiga di wilayah tersebut dalam sebulan terakhir. Selain itu, patroli gabungan kian intensif dilakukan karena adanya peningkatan serangan dari bajak laut dan kelompok milisi terhadap pengiriman komersial dan patroli gabungan terbaru ini akan berakhir pekan depan di Manado, Sulawesi Utara.

Baca juga:   Karena Dicurigai, Pulang Dari Malaysia Warga Pasuruan Ditangkap Densus 88

Sedangkan, dua pekan lalu, Indonesia, Malaysia, dan Filipina melakukan patroli bersama di perbatasan umum maritim mereka di Laut Sulawesi dan Laut Sulu. Selanjutnya, pada Sabtu 1 Juli 2017 kemarin, Filipina juga bergabung dengan militer Amerika Serikat untuk melakukan patroli di perairan selatan Filipina.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar