Brigjen-Suntana
Brigjen Suntana. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya meminta anggotanya untuk meningkatkan kepekaan pasca serangan teror di Polda Sumut, Minggu 25 Juni 2017 pekan lalu. Lain itu, juga dinilai pentingnya instansi Polri meningkatkan kepedulian terhadap anggota.

“Yang pertama kita meningkatkan awareness, kepedulian kepada anggota,” kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Metro Jaya Brigjen Suntana, di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa 27 Juni 2017 kemarin.

Menurut Brigjen Suntana, kepedulian terhadap anggota dilakukan dalam bentuk meningkatan pengamanan markas, sistem pengamanan sesuai jenis penjagaan yang ditugaskan kepada personel dan pengamanan personel itu sendiri.

“PAM (pengamanan) Markas Komando, yang kedua PAM penjagaan, lalu yang ketiga PAM personel,” kata Brigjen Suntana.

Lebih lanjut, ditegaskan Brigjen Suntana, dirinya juga menyarankan agar anggota kepolisian tidak dibiarkan melakukan penjagaan seorang diri. “Minimal berdua bertiga sehingga saling menjaga satu yang lain. Dan memang harus waspada mengamati lingkungan sekitar,” tegas Brigjen Suntana.

Lain itu, Brigjen Suntana juga memberikan contoh, semisal pengamanan Ancol oleh Polri di musim liburan, dimana kekuatan personel ditentukan jumlah wisatawan. Jika kondisi di Ancol tidak lagi ramai, maka Polda Metro akan mengurangi jumlah polisi di sana.

“Kalau sudah berkurang pengunjung akan kita kurangi (petugas). Ini personel harus jaga kondisi. Tapi bila ternyata nanti pengunjung jumlahnya akan mengalami peningkatan, jumlah (pengunjung) 1.500, akan kita tambah lagi. Disesuaikan angka kebutuhan,” jelas Brigjen Suntana.

Sementara, Brigjen Suntana juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dimana pun berada. Karena seluruh tempat memiliki potensi untuk dijadikan sasaran teror.

“Berapa kali saya sampaikan, semua tempat bisa terjadi potensi, semua tempat potensi. Untuk itu saya sampaikan kepada masyarakat untuk tetap waspada di tempat masing-masing. Waspadai kemungkinan ancaman teror,” tandas Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Metro Jaya Brigjen Suntana.

SUMBERdetik
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR