Agus-Hermanto-Partai-Demokrat
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Fraksi Partai Demokrat di DPR menegaskan tidak akan bertanggung jawab terhadap apapun keputusan Panitia Khusus (Pansus) Angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto, hal tersebut lantaran sejak awal fraksi Partai Demokrat tidak pernah menyetujui adanya Pansus Angket KPK.

Karena itu, berkaitan wacana usulan pembekuan anggaran Polri dan KPK oleh segelintir anggota Pansus Angket KPK, dirinya menegaskan fraksi Partai Demokrat enggan terlibat di dalamnya.

“Tentunya kalau Partai Demokrat nggak ada di dalam. Kami memang sama sekali tidak ada dalam kewenangan itu, berarti yang diambil keputusan di luar kewenangan kami. Kami tidak ingin melibatkan dalam pansus KPK,” kata Agus Hermanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis, 22 Juni 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Agus Hermanto, Fraksi Partai Demokrat juga tetap konsisten tidak akan ikut campur dalam Pansus Angket KPK. Bahkan, apapun yang terjadi dalam Pansus Angket bukan menjadi kewenangan Fraksi Partai Demokrat.

“Terus konsisten, dalam kata bahasa politik yang lain pada tidak bertanggung jawab apa yang diambil keputusan dalam hak angket tersebut. Apa saja kami tidak bertanggung jawab,” tegas Agus Hermanto.

Sebelumnya, usulan agar tidak dibahasnya anggaran KPK-Polri pada 2018 muncul pertama kali oleh anggota Pansus Angket dari Partai Golkar Mukhamad Misbakhun. Hal ini karena kedua lembaga tersebut dinilai tidak kooperatif kepada DPR untuk menghadirkan Miryam S Haryani ke Pansus Angket DPR.

Lain itu, Mukhamad Misbakhun meminta Komisi III DPR RI agar mempertimbangkan tidak membahas anggaran kedua lembaga tersebut.

loading...