mendagri-7
Mendagri Tjahjo Kumolo, hanya opsi saja kalau memang ini tidak kunjung selesai.

JAKARTA, harianpijar.com – Rancangan Undang Undang (RUU) Pemilu ditargetkan rampung pada April 2017 lalu, namun hingga saat ini tidak kunjung usai. Lain itu, setidaknya masih dalam pembahasan lima poin krusial yang satu diantaranya adalah ambang batas pencalonan presiden yang diinginkan pemerintah sebanyak 20-25 persen.

Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku pihaknya telah menyiapkan opsi berikutnya, yakni peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) pemilu.

“Hanya opsi saja kalau memang ini tidak kunjung selesai. Memang belum dibahas, tapi saya sebagai Mendagri mempersiapkan opsi-opsi lain. Sampai sekarang saya juga belum berpikir lebih jauh (terkait usulan perppu-red), tapi menyiapkan opsi kan boleh,” kata Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat, Jakarta, Minggu 18 Juni 2017.

Lebih lanjut, dijelaskan Tjahjo Kumolo, meski pihaknya akan mengusulkan beberapa opsi, namun dirinya tetap optimistis Pansus nantinya akan menyetujui usulan ambang batas pencalonan presiden 20 persen kursi DPR atau 25 persen perolehan suara hasil pemilu nasional.

“Harus optimistis dong, kan ada musyawarah mufakat. Saya kira fraksi di Pansus yang mengusulkan nol persen atau yang 15 persen juga optimis dengan usulannya. Kemarin, di DPR mau kompromi di 5 persen. Kita lihat nanti bagaimana,” jelas mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.

SUMBERTribunnews
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR