Miryam-S-Haryani
Miryam S Haryani. (foto: detik.com)

JAKARTA, harianpijar.com – Peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) Miko Ginting mengatakan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket tidak perlu memanggil Miryam S Haryani.

Pasalnya, pemeriksaan sudah dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan memberikan keterangan tidak benar di dalam persidangan perkara proyek pengadaan blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), yang menjerat Miryam S Haryani.

Menurut Miko Ginting, dirinya memperkirakan kasus yang menjerat Miryam S Haryani tidak lama lagi dibawa ke pengadilan. Karena itu, menurutnya Pansus Hak Angket tinggal menunggu perkara tersebut masuk ke pengadilan.

“Karena itu, biarlah pemeriksaan berjalan sesuai koridor penegakan hukum, yaitu di muka persidangan,” kata Miko Ginting, Sabtu 17 Juni 2017.

Lebih lanjut, dijelaskan Miko Ginting, saat itu waktu yang tepat untuk menggali keterangan Miryam S Haryani. “Keterangan Miryam bisa digali secara mendalam di muka persidangan dalam koridor penegakan hukum,” jelas Miko Ginting.

Sebelumnya, Miryam S Haryani sudah ditahan oleh KPK terkait kasus memberikan keterangan tidak benar di dalam persidangan perkara e-KTP. Lain itu, penyidik telah memeriksa beberapa saksi dalam kasus tersebut.

SUMBERJPNN
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR