Saat Bertemu Ulama, SBY: Ada 3 Isu Internasional Yang Harus Diwaspadai Indonesia

sby-jatim
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Indonesia bisa menjadi contoh, bagaimana Islam Nusantara menjadi rahmatan lil alamin.

SURABAYA, harianpijar.com – Mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan para ulama se-Jawa Timur (Jatim). Lain itu, dalam pertemuan tersebut SBY mengatakan ada tiga isu internasional yang harus diwaspadai Indonesia.

“Ada tiga isu yang harus diwaspadai bangsa ini,” kata SBY di sela acara pertemuan dan buka puasa bersama dengan ulama se-Jatim, Jumat 16 Juni 2017.

Menurut SBY, isu internasional pertama yang perlu diwaspadai adalah soal krisis diplomatik yang terjadi antara Qatar dan negara-negara di teluk Arab, seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain.

Lebih lanjut, SBY juga mengatakan, konflik Qatar dengan negara-negara Teluk dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh negara-negara Barat, seperti Amerika Serikat (AS), untuk melemahkan negara-negara Islam, ataupun ada kepentingan tertentu. Apalagi konflik tersebut terjadi setelah ada persetujuan Qatar membeli jet tempur F-15 dari AS seharga USD 12 miliar.

Baca juga:   Terkait Kredibilitas, Polri Perlu Jelaskan Kasus Antasari Azhar Ke Publik

“Di sisi lain, negara-negara Teluk semakin menyolidkan barisan untuk memutuskan hubungan dengan Qatar. Jika tidak dilerai sejak dini, dikhawatirkan terjadi perang. Mungkin bagi negara Barat tidak akan prihatin. Tapi bagi masyarakat dan peradaban Islam, tentu ini memprihatinkan,” kata SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat itu.

“Kedua, maraknya aksi terorisme di negara-negara Eropa. Ketiga, Islamophobia yang mulai mewabah di dunia,” tegas SBY.

Selanjutnya, SBY mengatakan, terkait dengan isu kedua, yakni maraknya aksi terorisme di Eropa, seperti Prancis dan Inggris, hal itu dapat menimbulkan Islamophobia.

Baca juga:   Ma'ruf Amin: Ibu Ani Sosok yang Kuat, Kita Doakan Agar Segera Mendapat Kesembuhan

“Perasaan benci, tidak suka dan takut kepada semua yang berbau Islam. Islamophobia ini kian mewabah seiring dengan maraknya aksi terorisme yang mengatasnamakan Islam di Eropa,” kata SBY.

“Insya Allah kita bisa memberikan kontribusi pada dunia, untuk mencarikan solusinya. Indonesia bisa menjadi contoh, bagaimana Islam Nusantara menjadi rahmatan lil alamin. Kita harus menetralisir Islamophobia dengan cara yang baik,” lanjut SBY.

Sementara, dalam kesempatan tersebut, SBY juga mengajak para ulama di seluruh Indonesia menyampaikan bahwa Islam adalah agama damai dan tidak identik dengan kegiatan terorisme.

“Mari kita gelorakan Islam sesungguhnya dengan cara-cara santun dan Islami,” tandas mantan Presiden RI itu.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar