Presiden Lantik Djarot Saiful Hidayat Sebagai Gubernur DKI Jakarta

presiden-lantik-djarot
Pelantikan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat oleh Presiden Joko Widodo. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur definitif DKI Jakarta sisa periode 2012-2017, di Istana Negara, Kamis 15 Juni 2017.

Lain itu, pelantikan tersebut karena gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dijatuhi vonis oleh mejelis hakim PN Jakarta Utara, dua tahun penjara atas perkara penodaan agama.

Sementara, prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden Nomor 76p Tahun 2017 tentang pengangkatan sebagai gubernur definitif tersebut kepada Djarot Saiful Hidayat di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga:   Ahok: Minta Jujur Warga Rusun Yang Ingin Keluar, Harus Serahkan Unit Huniannya Ke Pemprov

Namun, setelah itu Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Djarot Saiful Hidayat berpindah ke Istana Negara untuk prosesi pelantikan.

Sedangkan, di Istana Negara, acara pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Pengangkatan Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Setiawan.

Baca juga:   Surati Presiden, Pengacara Minta Polri Untuk Hentikan Kasus Rizieq Shihab

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan didampingi rohaniwan. Sumpah ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Kemudian, acara dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat.

Sementara, turut hadir dalam prosesi itu, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, jajaran menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri dan jajaran DPRD DKI Jakarta.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar