BIN: Soal Analisis Lokasi Upload baladacintarizieq Berita Bohong dan Menyudutkan

logo-bin
Deputi VI BIN Sundawan Salya, tudingan itu tidak benar. BIN tidak berkepentingan dalam kasus Rizieq Shihab.

JAKARTA, harianpijar.com – Badan Intelijen Negara (BIN) memberikan komentar terkait analisis sebuah blog yang menyebutkan penyebar situs ‘baladacintarizieq’ berada di Jl Seno Raya, Pejaten Timur, Jakarta Selatan. Lain itu, BIN menegaskan tuduhan tersebut adalah sebuah berita bohong.

Menurut Deputi VI BIN Sundawan Salya, posting-an di blog analisabaladacintarizieq.blogspot.com tersebut seakan-akan menyudutkan BIN. Karena, kantor BIN sendiri berada di Jl Seno Raya, Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

“Tudingan itu tidak benar. BIN tidak berkepentingan dalam kasus Rizieq Shihab,” kata Sundawan Salya dalam keterangannya, Senin 12 Juni 2017.

Baca juga:   Keluarga Keluhkan Sulit Jenguk HRS, Polisi Jelaskan Soal Prosedur Besuk di Masa Pandemi

Lebih lanjut, dikatakan Sundawan Salya, kasus tersebut murni pidana dan berada di ranah kepolisian. Dirinya menegaskan BIN tidak ada kaitannya dengan kasus tersebut.

“Termasuk penyelesaiannya pun berada di wilayah kepolisian,” kata Sundawan Salya.

Selanjutnya, Sundawan Salya juga menjelaskan, soal kaitan situs chaos.id yang dimiliki seseorang berinisial IM, di mana pembuat blog itu menyebut Irfan adalah penyebarnya. Bahkan, menurutnya hal itu sudah dibantah IM.

Baca juga:   Polda Jawa Timur: Dihimbau Rizieq Shihab Kalau Bisa Tidak Datang ke Jawa Timur

“Dia sudah menjelaskan kalau itu mirroring,” jelas Sundawan Salya.

Sementara, Sundawan Salya memastikan IM tidak berkaitan dengan BIN dan bukan pegawai BIN. “Sehingga apa yang dilakukan oleh Irfan adalah tanggung jawab pribadi. BIN tidak ada sangkut paut,” kata Sundawan Salya.

Sedangkan, Sundawan Salya juga menyebut, pembuat dan penyebar tudingan terhadap BIN itu bisa dikenai pidana. “Pembuatnya juga bisa dikenakan Pasal 311 KUHP,” tandas Sundawan Salya.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar