Ronny: Imigrasi Akan Selidiki Dugaan Perpanjangan Visa Rizieq Shihab

ronny-sompie-2
Ronny Franky Sompie, kami akan cek apa memang diberikan visa tersebut dan berkoordinasi dengan negara yang memberikan visa. Kalau di Indonesia kami tidak memberikan.

JAKARTA, harianpijar.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham menyatakan tidak ada visa unlimited atau visa seumur hidup yang dipublikasikan oleh sebuah negara. Hal tersebut menanggapi informasi adanya penerimaan visa kepada pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab oleh Arab Saudi.

Menurut Dirjen Imigrasi Ronny Franky Sompie, pihaknya akan memeriksa dan berkoordinasi dengan negara terkait Rizieq Shihab berada untuk mengklarifikasi informasi tersebut.

“Kami akan cek apa memang diberikan visa tersebut dan berkoordinasi dengan negara yang memberikan visa. Kalau di Indonesia kami tidak memberikan,” kata Ronny Franky Sompie di Gedung DPR, Jakarta, Senin 12 Juni 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Ronny Franky Sompie, visa yang diberikan oleh negara tujuan sangat bergantung dengan peraturan keimigrasian di negara tersebut. Karena itu, menurutnya pemerintah tidak bisa mengintervensi pemberian visa terhadap Rizieq Shihab.

Baca juga:   Sri Bintang Pamungkas: Diduga Firza Husein Dimasukan di Lingkaran Rizieq Shihab Untuk Jebak Mereka

Selanjutnya, Ronny Franky Sompie juga mengatakan, pihaknya tidak bisa mengintervensi proses penyidikan yang tengah dilakukan Kepolisian terhadap Rizieq Shihab dalam sejumlah kasus. Namun, menurutnya Ditjen Imigrasi bisa membantu proses pemulangan Rizieq Shihab melalui mekanisme keimigrasian yang berlaku.

Karena itu, menurut Ronny Franky Sompie, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerbitkan Surat Perjalanan Laksana Paspor jika Kepolisian mengajukan permohonan untuk menolak perpanjangan visa milik Rizieq Shihab untuk alasan penegakan hukum. Lain itu, surat tersebut bisa digunakan untuk memulangkan Rizieq Shihab.

“Selalu Ditjen Imigrasi siap membantu aparat penegak hukum yang membutuhkan kegiatan yang berkaitan dengan kewenangan keimigrasian,” kata Ronny Franky Sompie.

Baca juga:   Kapolda Metro: Penganiayaan Hermasnyah Diminta Tidak Dikaitkan Kasus Rizieq Shihab

Sementara, menurut Sekretaris Dirjen Imigrasi Friement FS Aruan mengatakan, tidak ada istilah visa sumur hidup yang dikeluarkan oleh sebuah negara. Dirinya mengatakan, visa yang diberikan agar seorang WN bisa menetap di negara tersebut selamanya adalah permanet resident.

“Ada yang disebut dengan permanent resident. Kalau itu (unlimited visa) hampir tidak pernah ditemukan di peraturan di berbagai negara,” kata Friement FS Aruan di Gedung DPR.

Sedangkan, informasi soal visa perpanjangan Rizieq Shihab diungkapkan langsung oleh pengacaranya, Kapitra Ampera. Lain itu, Kapitra Ampera menyebut kliennya mendapatkan visa perpanjangan dari pemerintah Arab Saudi yang berlaku hingga 1 tahun ke depan.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar