Polda Metro Jaya: Polisi Tidak Kejar Pengakuan Rizieq Shihab, Terpenting Alat Bukti

argo-3
Kombes Argo Yuwono, polisi tidak mempermasalahkan jika Rizieq Shihab tetap menyangkal tuduhan. Penyidik tidak mengejar pengakuan, tetapi menggunakan alat bukti.

JAKARTA, harianpijar.com – Berkas tersangka pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab atas kasus dugaan pornografi baru diserahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta setelah memeriksa Rizieq Shihab.

Lain itu, Rizieq Shihab belum bisa diperiksa karena bertahan di Arab Saudi karena merasa mendapatkan ketidakadilan hukum. Namun, polisi akan tetap menunggunya sampai pulang.

“Ya makanya, kan, kami melengkapi yang lain-lain dulu. Semua saksi-saksi. Semuanya (alat bukti) tetap kami lengkapi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Minggu 11 Juni 2017.

Menurut Kombes Argo Yuwono, begitu nanti pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pulang ke Jakarta, penyidik akan memeriksanya.

Baca juga:   Jelang Pilkada DKI, Kapolda Metro Jaya Terima Laporan Intimidasi

“Jadi kalau nanti HRS pulang. Tersangka kami periksa dan berkasnya langsung kami kirim ke kejaksaan,” kata Kombes Argo Yuwono.

Lebih lanjut, ditegaskan Kombes Argo Yuwono, keterangan Rizieq Shihab sangat penting dalam kasus yang juga telah menjerat Firza Husein menjadi tersangka.

“Ya nggak bisa dong (dilimpahkan sebelum memeriksa tersangka), kan tersangkanya dia. Nggak bisa maju berkasnya (ke kejaksaan),” tegas Kombes Argo Yuwono.

Selain itu, juga dikatakan Kombes Argo Yuwono, polisi tidak mempermasalahkan jika Rizieq Shihab tetap menyangkal tuduhan. Lain itu, menurutnya, penyidik tidak mengejar pengakuan, tetapi menggunakan alat bukti.

Baca juga:   Begini Kata Politikus PDIP Soal Habib Rizieq Tutupi Hasil Tes Swab Positif COVID-19

“Nggak ngakuin, menolak. Itu haknya mereka. Haknya tersangka. Misalnya dia nggak ngakuin saat diperiksa, ya nggak masalah. Ya kan ada hak ingkar yang dimiliki tersangka. Kami nggak bisa memaksa,” kata Kombes Argo Yuwono.

Namun saat ditanya kapan Rizieq Shihab pulang, Kombes Argo Yuwono tidak dapat memastikan. Namun, dirinya berharap yang bersangkutan segera pulang untuk mengikuti proses hukum yang sudah berlangsung.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar