Program Audisi China Dituduh Menjiplak “Produce 101”

Birth-of-a-Star-dan-Produce-101

harianpijar.com – Program audisi China yang bertajuk “Birth of a Star” (terjemahan harfiah) baru-baru ini dituduh telah menjiplak atau plagiat acara “Produce 101” Mnet.

Hal tersebut terungkap melalui sebuah postingan blog dari seorang netizen yang berjudul, “Bagaimana caranya ‘Produce 101’ ditiru oleh sebuah program audisi China”, pada Kamis, 8 Juni 2017.

Tak hanya itu, netizen tersebut juga menambahkan beberapa screenshot yang memperlihatkan program acara “Birth of a Star”.

Dalam postingan tersebut terlihat bagaimana segala sesuatu mulai dari menerima rangking, menyanyikan lagu grup, battle di tengah panggung, dan mengenakan warna berdasarkan peringkat, semuanya sangat mirip dengan “Produce 101”.

Baca juga:   Mantan "K-Pop Star 6" Go Ah Ra Debut Dengan Grup Baru

Birth-of-a-Star-1 Birth-of-a-Star-2Walaupun bisa saja semuanya adalah kebetulan, bahkan susunan acaranya pun memiliki kesamaan yang luar biasa. Seperti cermin, cara peringkat ditampilkan hingga gaya kamera mengambil masing-masing kontestan juga menunjukkan kesamaan yang mencolok.

Birth-of-a-Star-3 Birth-of-a-Star-4 Birth-of-a-Star-5Sementara itu, program audisi China juga memiliki lagu grup yang harus diikuti semua kontestan. Lagu tersebut berjudul, “Push Me”, yang terdengar seperti plesetan dari judul lagu tema “Produce 101”, “Pick Me”.

Baca juga:   Blak-Blakan! Kim Chungha Ungkapkan Kehidupannya Setelah Pisah Dengan JYP Entertainment

Setelah adanya penemuan tersebut, perwakilan dari “Produce 101” mengatakan, “Kami belum menjual hak cipta untuk pertunjukan kepada siapapun. Sepertinya ini adalah salah satu pertunjukkan bahwa perusahaan China telah menirunya baru-baru ini. Kami hanya berharap mereka mulai membuat konten asli yang bagus di masa mendatang.”

Sebelumnya, “Produce 101” juga pernah dituduh menjiplak proses seleksi anggota girlgrup asal Jepang “AKB48”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini