amien-pan-2
Amien Rais, kebusukan KPK terlihat dari kasus yang ditanganinya saat ini.

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menjadi lembaga yang busuk. Lain itu, dirinya menilai KPK sangat diskriminatif dalam melakukan penindakan hukum.

“Saya merasa dari masa ke masa KPK itu hebat, tapi semakin busuk,” kata Amien Rais usai bertemu Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 7 Juni 2017.

Menurut Amien Rais, kebusukan KPK terlihat dari kasus yang ditanganinya saat ini. Lain itu, dirinya juga menganggap KPK tidak berani mengusut sejumlah perkara korupsi yang cukup besar.

Lebih lanjut, ditegaskan Amien Rais, KPK cenderung lebih sering menangani perkara yang nilainya kecil. Padahal, menurutnya penanganan perkara korupsi tidak boleh tebang pilih.

Baca juga:   PDIP Yakin Pimpinan DPR Periode 2019-2024 Akan Tingkatkan Kualitas Parlemen

Selain itu, Amien Rais juga menilai, kebusukan KPK lainnya, yakni soal tudingan korupsi terhadap sejumlah pihak yang kerap mengkritisi kerja KPK, termasuk tudingan yang kini merundung dirinya. Dirinya menganggap tudingan itu sangat bersifat diskriminatif.

“Saya melihat KPK terjadi pembusukan. Super diskriminatif,” kata mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini.

Sementara, Amien Rais juga menyampaikan, kedatangan dirinya ke DPR untuk membahas pengiriman anggota Fraksi PAN ke dalam pansus angket terhadap KPK. Karena, dirinya berharap pansus angket bisa mengungkap ‘kebusukan dan kepalsuan’ yang saat ini terjadi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya melihat ada kepalsuan dan kebusukan. Ini tesis saya. Kami buktikan lewat pansus angket yang hampir semua fraksi sudah ikut,” ucap Amien Rais.

Baca juga:   Kasus E-KTP, Gamawan Fauzi: Saya Tidak Pernah Terima Uang, Rp 50 Juta Uang Sosialisai Ke Lima Daerah

Lain itu, juga dikatakan Amien Rais, dirinya siap menerima kenyataan jika tudingannya terhadap KPK keliru. Pasalnya, dirinya mengklaim, dirinya merupakan sosok yang terseret dalam lingkaran kekeliruan.

Sebaliknya, jika tudingan soal kebusukan di KPK terbukti benar, dirinya juga berharap ada pembenahan terhadap KPK secara konstitusional. Lain itu, pembenahan terhadap KPK nantinya akan diserahkan kepada DPR selaku pihak yang membentuk KPK.

Sementara, dijelaskan Amien Rais, dirinya saat ini akan fokus mengawasi jalannya pansus angket KPK hingga selesai. Selain itu, dirinya juga berharap tidak ada permainan dalam pansus angket KPK.

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of