Wakil Ketua DPR: Diharapkan Pembentukan UKPPIP Tidak Hanya Seremonial

taufik-kurniawan
Taufik Kurniawan, tugas UKPPIP bukan hanya membuat masyarakat sekadar mampu menghafal Pancasila tetapi juga bisa mengamalkan nilai-nilai di dalamnya.

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan berharap pembentukan Unit Kerja Presiden Untuk Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP) tidak seremonial belaka. Lain itu, dirinya mengingatkan agar unit tersebut fokus bekerja mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila ke masyarakat.

“Jangan seremonial tapi betul diayomi, dirasakan, diimplementasikan, dalam kaitan nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Karena sudah puluhan miliar keluar dana APBN pada saat P4, itu jadi pelajaran kita,” kata Taufik Kurniawan di Senayan, Jakarta, Rabu 7 Juni 2017 kemarin.

Menurut Taufik Kurniawan, dirinya mengingatkan, tugas UKPPIP bukan hanya membuat masyarakat sekadar mampu menghafal Pancasila tetapi juga bisa mengamalkan nilai-nilai di dalamnya.

Baca juga:   Dinilai Sudah Lampaui Kewenangan, Caleg yang Digantikan Mulan Laporkan Hakim PN Jaksel ke KY

“Perlu ada implementasi jiwa spirit, nilai-nilai Pancasila harus dijadikan sebagai falsafah hidup kita sehari-hari,” tegas Taufik Kurniawan.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo melantik Megawati Soekarnoputri dan delapan tokoh lainnya sebagai Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Untuk Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP). Lain itu, Presiden juga melantik Yudi Latief sebagai Ketua UKPPIP.

Sementara, pelantikan yang digelar di Istana Negara tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 31/M/2017 tentang pengangkatan pengarah dan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Baca juga:   Marzuki Alie: Melapor Ke Polisi Karena Kehormatan Saya Betul-betul Terhina

Sedangkan, selain Megawati, Dewan Pengarah juga dijabat oleh Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Muhammad Mahfud MD, Ahmad Syafi’i Ma’arif, Ma’ruf Amin, Said Aqil Siroj, Andreas Anangguru Yewangoe, Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, dan Sudhamek. Sementara Ketua UKPPIP yaitu Yudi Latief yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan-Indonesia (PSIK-Indonesia).

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar