Presiden Resmi Lantik Pengisi UKPPIP, Sembilan Dewan Pengarah Akan Lakukan Pembinaan Ideologi Pancasila

ukp-pip
Presiden Joko Widodo, melantik pengisi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP).

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo resmi melantik pengisi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP), Rabu 7 Juni 2017. Lain itu, unit kerja ini berisikan sembilan dewan pengarah dan satu kepala.

Selain itu, dewan pengarah diduduki tokoh-tokoh nasional, diantaranya mantan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, mantan Ketua MK Mahfud MD, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja di Indonesia (PGI) Pdt Andreas Anangguru Yewangoe, Ketua Umum Pengurus Harian Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, dan Ketua Dewan Pengawas Majelis Buddhayana Indonesia Sudhamek.

Baca juga:   Tangani Aksi 313 Cukup Menkopolhukam Wiranto, Presiden Tidak Perlu Turun

Sementara itu, Kepala UKPPIP dijabat Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan-Indonesia (PSIK-Indonesia) Yudi Latief. Lain itu, keputusan pembentukan UKPPIP ini melalui Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 dan Unit kerja ini akan berada langsung di bawah Presiden.

Sedangkan, unit kerja ini dibentuk atas pertimbangan aktualisasi nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu, Pemerintah memandang perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila terhadap seluruh penyelenggara negara, yang terencana, sistematis, dan terpadu.

Selain itu, tugas unit kerja ini bila dikutip dari Perpres BAB III yakni membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila. Lain itu, mereka juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Baca juga:   Pimpinan KPK: Presiden Ingin Proses Kasus e-KTP Dipercepat

Unit ini juga bertugas merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila. Selain itu, unit ini juga menyusun garis-garis besar haluan ideologi Pancasila dan roadmap pembinaan ideologi Pancasila.

Bahkan, unit ini juga bertugas sebagai pemantau, mengevaluasi, dan mengusulkan langkah strategi untuk memperlancar pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila. Selain itu, mereka melaksanakan kerja sama dan hubungan antarlembaga dalam pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar