Anggota DPR RI: Sudahi Aksi Saling Klaim, Hentikan Pertikaian Sesama Anak Bangsa

jazuli-jawaini
Jazuli Juwaini, meminta masing-masing tokoh untuk tidak lagi mengeluarkan pernyataan yang berpotensi menimbulkan kegaduhan.

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR Jazuli Juwaini sangat menyesalkan kondisi kebangsaan belakangan ini.

Menurut Jazuli Juwaini, terutama aksi saling klaim lebih baik dan dalam waktu bersamaan menuding orang atau kelompok lain, tidak baik dalam berbangsa dan bernegara.

“Jangan ada ormas yang mengklaim dia yang paling nasionalis, yang lain tidak nasionalis. Saya yang paling NKRI, yang lain bikin masalah, tidak,” kata Jazuli Juwaini di sela buka puasa bersama di Kompleks DPR RI, Kalibata, Jakarta, Sabtu 3 Juni 2017 kemarin.

Lebih lanjut, Jazuli Juwaini menegaskan, dirinya menyoroti aksi saling klaim dan tuding terjadi di tengah masyarakat, terutama di media sosial. Lain itu, tidak jarang aksi itu disertai fitnah yang tidak berdasar dan ujaran kebencian.

“Nilai-nilai (nasionalis dan NKRI) ini tidak cukup diklaim, tetapi harus diimplementasikan. Tidak boleh orang mengklaim paling nasionalis, yang paling NKRI dan segala macam. Tapi nyatanya dia dalam kehidupan, tidak bisa mengimplementasikan,” tegas Jazuli Juwaini.

Baca juga:   Amien Rais: Tolong Hentikan Kezaliman kepada Orang-Orang yang Ingin Tegakkan Kebenaran

Karena itu, dijelaskan Jazuli Juwaini, dirinya berharap Ramadhan kali ini menjadi momentum memperkuat rasa kebangsaan. Terlebih bangsa ini juga diproklamasikan pada 9 Ramadhan atau 17 Agustus 1945.

“Bangsa ini terlalu besar. Tidak mungkin dipikul sekelompok orang. Tapi harus dipikul seluruh stakeholder yang ada di kita ini. Karena itu simbol-simbol tokoh, baik itu tokoh pejabat publik, tokoh masyarakat, maupun tokoh ormas, kami mengajak dan berharap untuk sama-sama berperan (memulai) menyatukan komponen-komponen bangsa ini,” jelas Jazuli Juwaini.

Selain itu, Jazuli Juwaini juga meminta masing-masing tokoh untuk tidak lagi mengeluarkan pernyataan yang berpotensi menimbulkan kegaduhan. Lain itu, Jazuli Juwaini juga menginginkan para tokoh itu dapat menjadi teladan bagi masing-masing pengikutnya.

Baca juga:   Ingatkan Jokowi, Fahri Hamzah: Tak Perlu Buat DPR Diam dengan Tarik Oposisi Jadi Menteri

“Kalau kita benar dan jujur (nasionalis, NKRI dan sebagainya) ayo kita mulai dari elitnya. Baik itu elite politik, pejabat publik yang ada di eksekutif dan legislatif atau elit-elit ormas, semua harus saling membantu. Kita tidak perlu cari siapa yang salah. Tapi kita uji kejujuran kita,” ucap Jazuli Juwaini.

Karena itu, Jazuli Juawaini juga meyakini jika Pancasila benar diamalkan, NKRI benar dijaga, UUD 1945 benar dipatuhi dan Bhinneka Tunggal Ika benar dipraktikkan, maka cita-cita pendiri bangsa terwujud. Terkait hal itu, dirinya sangat memohon pertikaian sesama anak bangsa segera dihentikan.

“Seluruh problem yang ada di republik ini, kalau kita emban dengan persamaan, persatuan, insya Allah beban-beban tidak ada yang berat. Kalau kita saling serang, saling maki, saling caci, akan menjadi persoalan (kontraproduktif),” tandas politisi PKS itu.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar