Jaksa Agung: Pembubaran HTI Dalam Tahap Finalisasi

HTI-4
HM Prasetyo, opsi mana yang dianggap paling tepat, nanti sedang difinalisasikan.

JAKARTA, harianpijar.com – Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan pembubaran organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) saat ini sedang dalam tahap finalisasi.

“Kita sudah dilibatkan juga dalam pembahasan-pembahasan itu,” kata HM Prasetyo di Jakarta, Jumat, 26 Mei 2017.

Menurut HM Prasetyo, nantinya ada beberapa opsi yang akan ditempuh. “Opsi mana yang dianggap paling tepat, nanti sedang difinalisasikan,” tegas HM Prasetyo.

Sebelumnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud MD mengatakan pemerintah perlu menyiapkan argumen dalam gugatan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di pengadilan.

Baca juga:   Minta Komnas HAM Dibubarkan, Natalius Pigai: Fahri Hamzah Itu Asal Bunyi

“Iya disiapkan saja argumen-argumennya,” kata Mahfud MD usai menjadi nara sumber dalam sarasehan peringatan Hari Jadi Bantul di Pendopo Parasamya Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu, 24 Mei 2017 baru lalu.

Selain itu, pernyataan Mahfud MD itu menanggapi pertanyaan wartawan mengenai apa yang perlu disiapkan pemerintah apabila kalah dalam proses hukum pada gugatan pembubaran HTI menyusul rencana dukungan seribu pengacara untuk ormas Islam itu.

Baca juga:   Dirjen Polpum: Yang Kami Larang Bendera dengan Simbol HTI, Bukan Bendera Tauhid

“Seumpama pemerintah kalah itu kan prosedur soal teknisnya karena kalau substansinya sudah jelas. Prosedur teknisnya kan bisa diulangi lagi, kan pengadilan itu nanti putusannya antara menolak dan menerima,” katanya.

“Tidak menerima dengan tidak dapat diterima dan ditolak ataupun tidak dikabulkan itu kan sesuatu yang berbeda. Kalau tidak diterima itu artinya bisa diajukan lagi dengan melengkapi syarat administratif,” kata Mahfud MD.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar