Mendagri: Dipastikan Djarot Saiful Hidayat Tidak Memiliki Wakil Gubernur

mendagri-tjahjo-1
Mendagri Tjahjo Kumolo, wakil gubernur enggak ada karena aturannya minimal 18 bulan, ini kan tinggal sebentar lagi.

JAKARTA, harianpijar.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dipastikan tidak akan memiliki wakil hingga menuntaskan periode jabatan 2012-2017.

Lain itu, Djarot Saiful Hidayat dalam waktu dekat ini akan dilantik menjadi gubernur definitif, usai pengunduran Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari kursi gubernur karena divonis pidana penjara 2 tahun terkait kasus penistaan agama.

Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, sisa pemerintahan Djarot Saiful Hidayat akan berakhir di Oktober 2017, sehingga tidak sesuai undang-undang untuk memiliki wakil gubernur.

Baca juga:   Tak Lagi Menjabat, Ini yang Sekarang Ahok-Djarot Bicarakan jika Bertemu

“Wakil (gubernur) enggak ada karena aturannya minimal 18 bulan. Ini kan tinggal sebentar lagi,” kata Tjahjo Kumolo di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat 26 Mei 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Tjahjo Kumolo, terkait pemberhentian Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), pihaknya masih menunggu hasil sidang rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

Baca juga:   Soal Pancasila, PA 212: Mendagri Diminta untuk Mendengar Amanat Rizieq Shihab

Karena, menurut Tjahjo Kumolo, pemberhentian dari DPRD DKI akan diserahkan ke Presiden untuk dijadikan sebagai keputusan untuk menetapkan Djarot Saiful Hidayat sebagai gubernur definitif.

“Saya sudah kontak ketua DPRD. Saya kira dalam minggu depan sebagai dasar karena Ahok tidak menggunakan upaya hukum karena keputusannya sudah inkrah. Kalau jaksa yang mengajukan banding tidak, ya sudah itu saja,” tandas mantan sekjen PDI Perjuangan itu.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar