Polda Jabar: Selama Ramadhan Ormas Dilarang Lakukan Sweeping

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan, setiap ormas dilarang melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan fungsinya. Fungsi sweeping adalah fungsi penegakan hukum.

BANDUNG, harianpijar.com – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat melarang setiap organisasi masyarakat (ormas) melakukan razia atau sweeping selama bulan Ramadhan.

Menurut Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan, ormas dilarang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan fungsinya. Karena itu, menurutnya fungsi sweeping adalah fungsi penegak hukum.

“Setiap ormas dilarang melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan fungsinya. Fungsi sweeping adalah fungsi penegakan hukum,” kata Irjen Pol Anton Charliyan di Bandung, Minggu 21 Mei 2017.

Baca juga:   Kapolri Apresiasi Tim Jaguar Polresta Depok Yang Bubarkan Aksi Sweeping Ormas

Lebih lanjut, ditegaskan Irjen Pol Anton Charliyan, razia tempat hiburan malam atau tempat lainnya adalah tugas dari penegak hukum. Untuk itu, jika masyarakat menemukan adanya tempat hiburan malam yang buka selama bulan Ramadhan, lebih baik melapor ke polisi.

“Masyarakat hanya bisa memberikan informasi sebagai kontrol sosial, sesuaikan saja tugasnya. Masyarakat melakukan kontrol sosial dan polisi menegakkan hukum. Jadi, kalau kita sesuai dengan fungsi masing-masing Insya Allah ini akan aman,” tegas Irjen Pol Anton Charliyan.

Baca juga:   FPI dan HTI Kompak Tolak Penerbitan Perppu Ormas

Sementara, juga dijelaskan Irjen Pol Anton Charliyan, jika saat Ramadhan terdapat ormas yang keluar jalur, tidak sesuai dengan fungsinya melakukan kontrol sosial, pihaknya tidak akan segan menindaknya. “Dan kalau ada yang melakukan di luar garis, kita akan tindak tegas siapa pun juga,” tandas Kapolda Jawa Barat itu.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar