Peringati Harkitnas, Pemkot Pematangsiantar Akan Gelar Upacara dan Ziarah Ke Makam Pahlawan

2.-Rapat-Persiapan-Harkitnas
Rapat persiapan harkitnas yang dipimpin oleh Plt Sekretaris Daerah (sekda) Kota Pematangsiantar Ir Reinward Simanjuntak MM, di Ruang data, Kota Pematangsiantar, pada Kamis, 18 Mei 2017. (foto: Harian Pijar/Dedi Sihombing)

Dilaporkan oleh wartawan harianpijar.com Dedi Sihombing

PEMATANGSIANTAR, harianpijar.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar akan menggelar beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), diantaranya upacara di lapangan Haji Adam Malik dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nagur pada 22 Mei mendatang.

Hal tersebut dihasilkan melalui rapat persiapan harkitnas yang dipimpin oleh Plt Sekretaris Daerah (sekda) Kota Pematangsiantar Ir Reinward Simanjuntak MM, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Ruang data, Kota Pematangsiantar, pada Kamis, 18 Mei 2017.

Menurut Reinward Simanjuntak, peringatan harkitnas ini merupakan momen untuk meningkatkan rasa nasionalisme. “Dengan harkitnas ini mari kita pupuk rasa nasionalisme akan kecintaan kita kepada bangsa dan negara ini,” kata Reinward Simanjuntak.

Selain itu, Reinward Simanjuntak juga mengatakan bahwa sejarah bangsa Indonesia merdeka mengingatkan kita pada beberapa tokoh pergerakan Nasional seperti Ir Soekarno, M Hatta, M Yamin dan yang lainnya, yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha–Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Baca juga:   Pemkot Undang Bikers di Pematangsiantar Untuk Ikuti Upacara Harkitnas

Selanjutnya, masih menurut Reinward Simanjuntak, kemudian dibentuk juga Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang pada prinsipnya merumuskan dasar negara Indonesia yakni, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Bhinneka Tunggal Ika.

“Jadi sejarah sudah mencatat bahwa dulunya para pendahulu kita sudah merancang sedemikian rupa Konsep NKRI, maka harus kita pertahankan,” tegas Reinward Simanjuntak.

“Negara ini dibentuk dengan konsensus (kesepakatan bersama), untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus mempertahankannya, sehingga saat ini kita sering menyebut dengan NKRI Harga Mati.”

“Indonesia tersebar dengan ribuan pulau, ribuan suku serta ribuan bahasa, akan tetapi tetap kita satu nusa satu bangsa dan satu bahasa yakni Indonesia, itulah semangat harkitnas,” tambahnya.

Baca juga:   Di Pematangsiantar, Bayi Laki-laki Hasil Hubungan Gelap Tewas Dibunuh Ibunya

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Pematangsiantar, Lukas Barus juga mengatakan peringatan harkitnas dikota Pematangsiantar akan dilaksanakan dengan berbagai acara seperti upacara dan ziarah ke makam pahlawan.

“Tanggal 22 Mei 2017 pagi kita akan gelar upacara di lapangan Adam Malik, lalu lanjut Ziarah ke makam pahlawan,” ujar Lukas Barus.

“Semangat harkitnas hendaknya dapat meningkatkan rasa kebangkitan khususnya bagi Kawula muda seiring dengan perkembangan teknologi saat ini,” tambahnya.

Rapat persiapan harkitnas tersebut dikuti oleh berbagai instansi terkait, tokoh pemuda, dan lain–lain. Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kota Pematangsiantar yang baru Gilbert Ambarita, SH juga ikut menghadiri rapat. (Dedi Sihombing)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar