Angin Puting Beliung Landa Simalungun, 2 Rumah Rusak Berat dan 1 Orang Terluka

Kapolres Simalungun AKBP Liberty Marudud Panjaitan, peristiwa alam ini, menimbulkan kerugian materiil sekitar Rp 20 juta dan Polres Simalungun membantu memperbaiki rumah warga.

Dilaporkan oleh wartawan harianpijar.com Dedi Sihombing

SIMALUNGUN, harianpijar.com – Akibat angin puting beliung rumah milik Bejo (60) dan Legiman (65) yang terletak di Desa Tanjungan II Nagori Parbutaran, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengalami rusak berat. Lain itu, peristiwa angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, Kamis 18 Mei 2017 kemarin, juga mengakibatkan 1 orang warga terluka akibat tertimpa atap rumah.

Menurut Kapolres Simalungun AKBP Liberty Marudut Panjaitan, seorang warga yang mengalami luka dikepala tersebut bernama Legiman (65) akibat tertimpa atap rumahnya yang roboh.

“Satu orang warga atas nama Legiman mengalami luka di bagian kepala akibat tertimpa atap rumahnya yang roboh. Korban sudah dibawa berobat ke Puskesmas Parbutaran oleh adiknya, Wagira,” kata AKBP Liberty Marudut Panjaitan, saat dikonfirmasi harianpijar.com, Kamis 18 Mei 2017.

Baca juga:   Kiai Said Aqil Siroj: Islam Nusantara Dapat Menjadi Jembatan Perdamaian Antar Agama

Lebih lanjut, dijelaskan AKBP Liberty Marudut Panjaitan, peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur kampung yang berpenduduk 150 Kepala Keluarga (KK) tersebut. Karena, cuaca yang kurang bersahabat menjadi kendala pihak kepolisian untuk melakukan proses evakuasi di lokasi bencana.

Sementara, dikatakan AKBP Liberty Marudut Panjaitan, lokasi tersebut ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dari Polsek terdekat. Lain itu, sejumlah personel diturunkan ke lokasi untuk membantu memperbaiki rumah warga tersebut.

“Kami terapkan sistem zonasi dan rayon. Puluhan anggota dari tiga Polsek terdekat, Perdagangan, Tanah Jawa, Bosar Maligas sudah berada di lokasi satu jam setelah kejadian, termasuk bantuan personel dari Polsek Bangun,” jelas AKBP Liberty Marudut Panjaitan.

Baca juga:   Masyarakat Desa Panombean Marjanji Puluhan Tahun Rindukan Perbaikan Jalan

Selanjutnya, AKBP Liberty Marudut Panjaitan juga mengatakan, koordinasi antara aparatur pemerintah bersama Pangulu Nagori (Kepala Desa) Parbutaran, Perawat Puskesmas, dan Dinas Sosial Kecamatan Bosar Maligas sudah turun ke lokasi.

Akibat peristiwa alam ini, dijelaskan AKBP Liberty Marudut Panjaitan, menimbulkan kerugian materil sekitar Rp 20 juta. Sedangkan, Polres Simalungun membantu memperbaiki rumah warga.

“Saat ini situasi aman terkendali. Material bangunan untuk perbaikan sudah kami beli. Besok (hari ini-red) pelaksanaan pembangunan kembali rumah yang rusak,” tandas Kapolres Simalungun itu. ds/elz

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar