Kejati Jabar Tengah Rampungkan Berkas Dakwaan Buni Yani

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jabar, Raymond Ali, berkas Buni Yani segera akan dilimpahkan ke pengadilan. Saat ini sedang tahap penyempurnaan.

JAKARTA, harianpijar.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat sedang menyusun berkas dakwaan terkait kasus ujaran kebencian berbau Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) yang telah menyeret Buni Yani sebagai tersangka. Lain itu, pelengkapan berkas dakwaan itu agar Buni Yani segera bisa disidangkan ke pengadilan.

Menurut Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jabar, Raymond Ali, berkas Buni Yani segera akan dilimpahkan ke pengadilan. Saat ini sedang tahap penyempurnaan.

“(Berkas) Buni Yani segera dilimpahkan ke pengadilan, sekarang tahap penyempurnaan dakwaan,” kata Raymond Ali saat dikonfirmasi, Minggu, 14 Mei 2017.

Baca juga:   Kejati Bengkulu Usut Korupsi Proyek Jalan di Pulau Enggano, Geledah Kantor Gubernur

Namun, ditegaskan Raymond Ali, dirinya belum bisa menjelaskan secara rinci kapan berkas Buni Yani bisa dilimpahkan ke pengadilan. Karena, dirinya mengaku belum mendapatkan informasi pelimpahan berkas tersebut dari tim jaksa penuntut umum (JPU).

“Nanti jika dilimpahkan jaksa penuntut umum mengabari jika sudah dilimpahkan ke pengadilan,” kata Raymond Ali.

Lebih lanjut, Raymond Ali juga menjelaskan, nantinya sidang perdana atas kasus yang menjerat Buni Yani akan digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat. Jadi di (PN) Bandung ya, dilimpahkan di sana. Bukan (PN) Depok,” jelas Raymond Ali.

Baca juga:   Polda Metro Jaya: Penahanan Buni Yani Tergantung Kejaksaan

Sementara, Buni Yani ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian, setelah mengunggah penggalan video pidato Gubernur Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ketika mengutip surat Al Maidah ayat 51. Dirinya dijerat Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Lain itu, tidak terima berstatus tersangka, Buni Yani juga pernah mengajukan permohonan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun, majelis tunggal PN Jaksel menolak seluruh gugatan yang diajukan dirinya.

SUMBERSuara

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini