Wakil Bupati Simalungun: Mari Kita Tingkatkan Rasa Memiliki Budaya Simalungun

Wakil-Bupati
Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga memukul gong sebagai tanda dibukanya seminar dan lomba karya tulis yang dilaksanakan oleh HIMAPSI. (foto: Harian Pijar/Dedi Sihombing)

Dilaporkan oleh kontributor harianpijar.com Dedi Sihombing

SIMALUNGUN, harianpijar.com – Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga mengatakan globalisasi menciptakan berbagai tantangan yang harus dijawab dan dipecahkan. Lain itu, globalisasi dimungkinkan adanya penurunan rasa cinta terhadap budaya dan adat istiadat budaya daerah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga, dalam sambutannya pada seminar dan lomba karya tulis yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi) di gedung pertunjukkan SMK Seni dan Budaya Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Rabu 10 Mei 2017 kemarin.

Menurut Amran Sinaga, cepatnya arus informasi melalui media social dan begitu cepat mempengaruhi sifat dan kepribadian kita, diantaranya faktor yang dapat mempengaruhi dinamika politik. Hal tersebut, tidak dapat dipungkiri seperti, menguatnya peran media, lembaga internasional, tuntutan kebebasan individu dan supremasi hukum.

Karena itu, dirinya berharap generasi muda harus dapat memilah dan jangan mudah terpancing. “Melalui kegiatan ini saya harapkan akan lahir rasa memiliki yang lebih dalam terhadap budaya dan adat istiadat Simalungun dan mengembalikan jati diri Simalungun agar mampu bertahan dalam arus globalisasi,” kata Amran Sinaga.

Baca juga:   Gelar Tabligh Akbar, PHBI Peringati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1438 H

Selain itu, ditegaskan Amran Sinaga, pengaruh globalisasi ini terhadap budaya Simalungun adalah mengingatkan kembali rasa kepedulian terhadap budaya Simalungun dan melestarikannya ditengah-tengah masyarakat.

Karena itu, Pemerintah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMAPSI. Mari kita terus bergandengan tangan bersama-sama menjaga eksistensi dan jati diri melalui pelestarian budaya Simalungun dan meningkatkan rasa cinta dan rasa memiliki terhadap budaya kita, dan mari kita mulai dari lingkungan yang terkecil yakni dari keluarga kita masing-masing.

“Melalui seminar ini nantinya diharapkan akan memberikan kontribusi nyata yang terwujud dari perubahan yang lebih baik kedepan, karena dengan memiliki jati diri yang kuat, budaya Simalungun akan tetap bertahan walau ditengah arus globalisasi,” kata Wakil Bupati.

Baca juga:   Bupati Simalungun Wujudkan Sekolah Ramah dan Peduli Anak

Sementara, seminar dan karya tulis yang digelar HIMAPSI menampilkan Dr Erond L Damanik sebagai pembicara dengan mengangkat tema “Mewujudkan Jati Diri Simalungun”.

Sedangkan, peserta yang hadir dalam acara tersebut terdiri dari Mahasiswa, pelajar dan PNS serta juga dihadiri pengurus DPP PMS Pardi Purba, DPP Himapsi, DPC Himapsi, orang tua siswa dan undangan lainnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Sevani Damanik dalam laporannya mengatakan, diadakannya seminar dan lomba karya tulis tersebut bertujuan antara lain agar budaya Simalungun dapat terus berkembang ditengah-tengah masyarakat, terutama para genrasi muda dan para pelajar tetap menunjukkan jati dirinya sebagai warga Simalungun.

“Jangan malu menunjukkan bahwa kita orang Simalungun, meskipun kita telah memiliki jabatan tinggi dimanapun berada, mari kita kembali membangun daerah kita yakni bumi Simalungun,” kata Sevani Damanik. (Dedi Sihombing)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar