ketua-panitia
Ketua Panitia Widodo saat memberikan sambutan dan mengucapkan terima kasih kepada tim Sedulur Dewe Sartono Hutomo dalam rangka ta'aruf di MIT Amanatul Ummah. (foto: Harian Pijar/Handout via TPA PONOROGO)

PONOROGO, harianpijar.com – Anggota DPR RI Sartono Hutomo dari Partai Demokrat Dapil VII Jawa Timur melakukan kegiatan sosialisasi empat ideologi kebangsaan yang menjadi landasan Bangsa Indonesia. Hal tersebut sebagai upaya memberikan edukasi kepada masyarakat dan menyegarkan semangat ke Indonesiaan dan juga nilai-nilai dasar kebangsaan.

Selain itu, keempat pilar Kebangsaan yang disosialisakan diantaranya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, digelar pada Rabu 10 Mei 2017 kemarin di MIT Amanatul Ummrah Kauman Ponorogo dengan tema ‘Dengan 4 Pilar Kebangsaan Kita Wujudkan Generasi Bangsa Berkarakter’.

Sementara, acara sosialisasi empat pilar tersebut menampilkan dua pemateri yang memberikan wawasan tentang ideologi kebangsaan, diantaranya DR Murdiyanto MSI dan Alim Noer Faizin, S.IP, M.Si dari INSURI dan Imam Mahfud selaku Tenaga Ahli dari anggota DPR RI Sartono Hutomo.

Sedangkan, peserta yang hadir dalam acara tersebut berasal dari seluruh guru dan pengurus MI dan MTS se-Kabupaten Ponorogo, wali santri dan tokoh masyarakat.

“Acara sosialisari 4 Pilar Kebangsaan ini merupakan kerjasama DPR-RI dan MPR-RI rutin dilaksanan setiap tahun, ada empat sampai lima kali acara yang sama dilakukan di Dapil 7 Jatim (Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi dan Magetan),” kata Imam Mahfud dalam keterangan resminya yang diterima harianpijar.com, Kamis 11 Mei 2017.

Baca juga:   Ketua Umum Hanura: Posisi Miryam di DPR Bakal Diganti

Lebih lanjut, Imam Mahfud menjelaskan, acara yang digelar ini merupakan salah satu bentuk dari Apresiasi Sartono Hutomo selaku Anggota DPR-RI dari Partai Demokrat terhadap masyarakat yang memiliki kepedulian untuk membangun sekitarnya melalui Pancasila.

Selain itu, juga ditegaskan Imam Mahfud, saat Sartono Hutomo mengunjungi Ponorogo dan Kabupaten lain Dapil 7 dirinya memberikan bantuan seperti alat seni budaya, bantuan pembangunan mushola (masjid), bantuan sarana prasarana ibadah dan bantuan lainnya.

“Ini merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian Pak Sartono. Programnya sangat banyak, jadi silahkan berhubungan dengan tim kita yang ada di Ponorogo. Khusus dibidang pendidikan, kami siap membantu,” tegas Imam Mahfud.

Menurut Imam Mahfud, sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar tersebut bekerja sama dengan lembaga pendidikan. Karena dalam lembaga pendidikan itu ada guru yang sangat luar biasa perannya dalam mendidik generasi muda.

“Kita berharap 4 Pilar Kebangsaan ini bisa diterapkan pada anak-anak didik disekolahnya. Insya allah hasilnya akan kita dapat di lima tahun kedepan. Ini yang kita harapkan dari Sosialisasi 4 pilar Kebangsaan,” jelas Imam Mahfud.

Baca juga:   DPR Tidak Bernyali, Peneliti: SBY Harus Jadi Komandan Oposisi di Era Pemerintahan Jokowi

Selain itu, Imam Mahfud juga mengatakan, keempat pilar Kebangsaan itu hasil kreasi buatan manusia, artinya apa? Artinya adalah semua yang dibuat itu bisa ditafsirkan lain-lain. Jadi dari kegiatan ini nanti kita bisa mendapatkan informasi yang sebenarnya dari 4 pilar Kebangsaan yakni ruh Pancasila itu sendiri.

“Mulai sila pertama sampai sila ke lima itu yang harus dipahami bersama. Dengan demikian usai dari Sosialisasi ini nanti adalah para guru bisa memberikan informasi kepada anak didiknya dan masyarakat. Ini akan menjadi karakter untuk hidup bermasyarakat sesuai dengan Pancasila,” kata Imam Mahfud.

Sementara, menurut Ketua Panitia Widodo dalam laporannya mengatakan, dirinya mengucapan terima kasih kepada tim Sedulur Dewe Sartono Hutomo dalam rangka ta’aruf di MIT Amanatul Ummah.

Selain itu, pentingnya wawasan kebangsaan, pentingnya rasa Nasionalisme dan pentingnya kecintaan kepada Negara Kesatuan RI, sengaja kita hadirkan kepala-kepala Madrasah, Kepala Rabata. Dengan kegiatan itu diharapkan akan menjadi tambahan, dan diajarkan kepada anak-anak didik kita.

“Saya atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada Sartono Hutomo, Anggota DPR-RI Komisi VI atas kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan diadakan di Madrasah Ibtidaiyah Amanatul Ummah semoga bermanfaat,” tandas Widodo.

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of