Tjahjo Kumolo: HTI Asasnya Pancasila, Tetapi Sehari-harinya Tidak

Mendagri Tjahaja Kumolo, asasnya nyebut Pancasila., tapi sehari-harinya tidak.

JAKARTA, harianpijar.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tidak terdaftar di Kemendagri. Tetapi, terdaftar di Kemenkumham dengan asas Pancasila.

“Asasnya nyebut Pancasila. Tapi sehari-harinya tidak,” kata Tjahjo Kumolo di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu 10 Mei 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Tjahjo Kumolo, semua warga negara berhak berhimpun dalam ormas mana pun, termasuk keagamaan. Namun, asas atau ideologi negara mutlak tidak boleh diganti.

“Agama itu harus diamalkan. Tapi dalam aplikasi bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ingin mengubah ideologi negara, ingin mengubah dasar negara tidak boleh,” tegas Tjahjo Kumolo.

Baca juga:   Menhan: Purnawirawan TNI Terlibat Radikalisme Lupa Sumpah Prajurit

Selanjutnya, menurut Tjahjo Kumolo, HTI di Timur Tengah juga tidak mendapatkan tempat. HTI dilarang tumbuh dalam negara-negara tersebut.

“Jadi massif diomongkan (pengubahan ideologi dan dasar negara). Ada tokohnya juga. Tokoh-tokoh nasional juga ada. Ketua umum Ormas nasional juga ngomongnya begitu. Loh,” kata Tjahjo Kumolo.

Seperti diberitakan, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memutuskan untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Selain itu, menurut Wiranto dirinya mendapatkan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk menindaklanjuti ormas yang berlawanan dengan Pancasila dan Undang-undang 1945.

Baca juga:   Tidak Segera Ditindaklanjuti, HTI Diyakini Akan Bongkar Konstitusi Negara

Lain itu, pengkajian mendalam dilakukan dengan memanggil Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Namun, setelah mempelajari ribuan ormas yang terdaftar, Pemerintah pun memutuskan untuk membubarkan satu ormas yang dinilai tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Pemerintah mengambil langkah tegas dengan membubarkan HTI,” kata Wiranto saat konferensi pers di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin 8 Mei 2017 baru lalu.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar