Sidang Vonis Ahok, Polda Metro: Diminta Masyarakat Jangan Melakukan Hal-Hal Yang Melanggar Hukum

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, jangan melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Tentunya kalau yang keberatan, ada langkah-langkah hukumnya, bisa banding dan sebagainya.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengimbau masyarakat tidak berlebihan menanggapi putusan sidang. Lain itu, massa pro dan kontra Ahok akan memenuhi lokasi sidang, di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, diketahui PN Jakarta Utara hari ini menggelar sidang putusan kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Karena itu, diimbau masyarakat tidak berlebihan menanggapi putusan sidang.

“Keputusan hakim itu pasti yang terbaik. Hakim juga kan bertanggung jawab sama Tuhan Yang Maha Esa,” kata Kombes Pol Argo Yuwono, Selasa 9 Mei 2017.

Baca juga:   Usai Jadi Saksi Ahli di Sidang Ahok, KH Ahmad Ishomuddin Diteror dan Diancam Dipecat MUI

Selain itu, ditegaskan Kombes Pol Argo Yuwono, dirinya juga meminta massa dapat tertib mengaspirasikan pendapat. Jika keberatan dengan hasil persidangan, dirinya mempersilakan untuk mengambil langkah hukum.

“Jangan melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Tentunya kalau yang keberatan, ada langkah-langkah hukumnya, bisa banding dan sebagainya,” tegas Kombes Pol Argo Yuwono.

Selanjutnya, juga dikatakan Kombes Pol Argo Yuwono, sebanyak 14.000 aparat gabungan TNI dan Polri diturunkan untuk pengamanan sidang dan akan terbagi di tiga ring pengamanan.

Ring pertama di dalam ruangan sidang Auditorium Kementerian Pertanian tempat sidang berlangsung. Ring kedua berada di dalam kawasan gedung Kementerian Pertanian. Ring tiga di depan dan sekitaran luar Kementerian Pertanian.

Baca juga:   Polisi Periksa Kejiwaan Perempuan Berhijab Bawa Sangkur di Sidang Ahok Kemarin

Sementara, berdasarkan laporan dan pemberitahuan sementara, jumlah massa berjumlah 8.000 orang. Sebanyak 5.000 dari massa kontra Ahok. Dan sebanyak 3.000 massa dari massa pro Ahok.

Sedangkan, polisi sudah mempersiapkan skenario terburuk jika keadaan menjadi kacau meski polisi berharap hal itu tak terjadi. Di sisi lain, diharapkan aparat tetap mematuhi SOP pola pengamanan. “Polisi sudah siap dengan situasi terburuk,” tandas Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar