Obat Batuk Sebenarnya Tidak Bisa Menyembuhkan Batuk, Kenapa?

minum-obat

harianpijar.com – Ketika terserang batuk, semua orang langsung membeli obat di apotek terdekat dan kemudian meminumnya, dengan harapan obat batuk tersebut bisa membuat kondisi lebih baik.

Namun apa yang didapat, batuk tetap tak kunjung hilang walau sudah minum obat. Mungkin, obat yang diminum salah atau memang obat tersebut tak bisa menyembuhkan batuk.

Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa obat batuk sebenarnya tidak mampu membuat batuk reda atau pun hilang, seperti dilansir Hello Sehat, pada Jumat, 5 Mei 2017.

Karena, pada dasarnya, batuk adalah bentuk dari respon tubuh yang normal. Ketika batuk, tubuh sedang berusaha mengeluarkan zat asing di dalam tenggorokan yang bisa mengganggu kesehatan.

Batuk sendiri merupakan gejala yang paling sering dan memang banyak terjadi. Bahkan menurut survei, ada lebih dari 30 juta orang pergi ke dokter dan mengeluhkan gejala batuknya.

Lalu kenapa obat batuk tidak benar-benar bisa membuat batuk mereda atau hilang? Karena, batuk yang dialami bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Sebagian besar gejala batuk disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan oleh virus. Sementara, obat batuk yang ada di pasaran tersebut tidak bekerja untuk mematikan dan mengalahkan virus. Kebanyakan obat hanya akan membuat gejala batuk mereda.

Memilih obat batuk berdasarkan fungsinya

Obat-obat batuk tersebut yang beredar dipasaran sebenarnya berbeda-beda jenis dan kegunaannya. Berikut jenis obat batuk beserta fungsinya untuk tubuh,

  • Ekspektoran, adalah obat yang berguna untuk membuat mukus atau lendir di tenggorokan berkurang dan membuat tubuh lebih mudah untuk batuk. Oleh karena itu, obat jenis ini lebih cocok diminum oleh orang yang mengalami batuk berdahak, agar dahaknya lebih mudah untuk dikeluarkan.
  • Supresan, adalah obat yang bekerja meredakan batuk dengan cara menghalangi tubuh melakukan refleks batuk. Bahan obat yang dapat melakukan hal tersebut adalah dextromethorphan. Jenis obat ini cocok untuk meredakan batuk kering.
  • Kombinasi dari beberapa obat, terkadang ada merek obat yang tidak hanya mengandung ekspektoran atau supresan saja. obat tersebut terdiri dari ekspektoran dan supresan, bahkan ada juga komposisi obat-obatan lain seperti dekongestan. Dekongestan berguna untuk meringankan gejala pilek dan meredakan saluran napas yang tersumbat.

Apabila batuk yang dialami tidak kunjung mereda atau berkepanjangan sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter, agar mendapatkan tindakan yang tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini