Kecamatan Tapian Dolok Raih Juara Umum MTQ Ke-45 Kabupaten Simalungun

3.-MTQ-Ke-45-1
Bupati diwakili staf ahli bidang pembangunan menyerahkan tropy bergilir Bupati Simalungun kepada Camat Tapian Dolok sebagai juara umum MTQ ke-45 Kabupaten Simalungun. (foto: Harian Pijar/Tabloid Visual/Dedi Sihombing).

Dilaporkan Kontributor harianpijar.com Dedi Sihombing.

SIMALUNGUN, harianpijar.com – Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Simalungun, yang digelar 27 hingga 29 April 2017, secara resmi ditutup oleh staf ahli Bupati Bidang Pembangunan Ir Debora Hutasoit.

Menurut staf ahli Bupati Bidang Pembangunan Ir Debora Hutasoit, kegiatan MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan, serta pendalaman isi kandungan Al-Quran, sebagai upaya yang tidak boleh berhenti.

Selain itu, ditegaskan Ir Debora Hutasoit, karena itu diperlukan perhatian, keterlibatan seluruh komponen umat termasuk pemerintah, sehingga penyelenggaraan MTQ memberikan bekas dan pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat.

MTQ-Ke-45-2
. (foto: Harian Pijar/Tabloid Visual/Dedi Sihombing)

Lebih lanjut, Ir Debora Hutasoit menjelaskan, kehadiran MTQ senentiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat. “Mengingat event keagamaan ini, selain menjadi dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam percepatan pembangunan di daerah,” kata Ir Debora Hutasoit, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Simalungun di Kota Wisata Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sabtu 29 April 2017 malam.

Selain itu, juga dijelaskan Ir Debora Hutasoit, MTQ ke-45 ini memiliki nilai dan makna tersendiri sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan masyarakat di Kabupaten Simalungun.

“Bagi Pemda Simalungun, MTQ ini memiliki nilai dan makna tersendiri. Selain sebagai penyejuk juga menjadi perekat kebersamaan masyarakat,” tandas Ir Debora Hutasoit.

Baca juga:   Angin Puting Beliung Landa Simalungun, 2 Rumah Rusak Berat dan 1 Orang Terluka

Sebelumnya, menurut Ketua Panitia Ir Ramadhani Purba, mengatakan, jumlah peserta yang hadir selama pelaksanaan MTQ berjumlah 642 orang termasuk official yang berasal dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Simalungun.

Selain itu, ditegaskan Ir Ramadhani Purba, selama mengikuti MTQ kondisi peserta secara umum dalam keadaan baik dan telah diberikan waktu untuk refreshing dengan melakukan perjalanan wisata ke Tomok sesuai dengan janji Bupati Kabupaten Simalungun.

“Sesuai janji pak Bupati, peserta diberikan waktu untuk refreshing,” tegas Ir Ramadhani Purba, Sabtu malam.

Lebih lanjut, Ir Ramadhani mengatakan, semua kegiatan diikuti oleh peserta dengan penuh perhatian, kesungguhan, tanggungjawab serta penuh semangat, hingga penutupan.

“Kami atas nama panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpertisipasi aktif dalam mendukung kelancaran pelakasanaan MTQ. Semoga kegiatan ini banyak memberikan manfaat bagi semua orang,” kata Ramadhani Purba yang juga sebagai Ketua Panitia Penyelenggara ini.

Sedangkan diketahui, pada penutupan MTQ ke45 tersebut ditandai dengan berbagai kegiatan, diantaranya penutupan reflika Al-Quran, pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibawakan oleh  Agung Wijaksono, peserta dari Kecamatan Jorlang Hataran, penurunan bendera LPTQ oleh pasukan pengkibar bendera dari MAN Pematang Bandar yang diiringi Mars MTQ yang juga dibawakan oleh siswa-siswi MAN Pematang Bandar.

Baca juga:   Wakil Bupati Simalungun: Mari Kita Tingkatkan Rasa Memiliki Budaya Simalungun

Sementara itu, disampaikan juga pengumuman pemenang terbaik MTQ  ke-45 Kabupaten Simalungun oleh Dewan Hakim. Lain itu, sesuai dengan surat keputusan dewan hakim No 03/DH/MTQN-45/KS-2017 tentang penetapan peserta terbaik I, II, III dan Harapan I, II, III pada MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Simalungun.

Pembacaan pemenang yang dilakukan oleh Dewan Pengawas Dewan Hakim, Rafii Nasir BA didamping sekretaris dewan hakim Sakoanda Siregar, menetapkan Kecamatan Tapian Dolok sebagai juara umum.

Menurut rencana para peserta terbaik MTQ ini nantinya sebagai duta Kabupaten Simalungun untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2017 di Kabupaten Dairi pada bulan Nopember 2017 mendatang.

MTQ-Ke-45-3
. (foto: Harian Pijar/Tabloid Visual/Dedi Sihombing)

Sedangkan, acara penutupan Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 Tingkat Kabupaten Simalungun yang digelar di Kota Wisata Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon ini, juga dihadiri Sulaiman Sinaga yang mewakili DPRD Simalungun, Dadang Pramono mewakili danrindam I/BB, Ketua MUI Kabupaten Simalungun H Abdul Halim Lubis, Kakan Kemenag, Ny Amran Sinaga, Camat, Tokoh agama, tokoh masyarakat, dewan hakim, pimpinan Bank Sumut Cabang Pamatang Raya, para peserta dan official serta undangan lainnya.

Sementara, puncak acara penutupan MTQ ke-45 ini, diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para pemenang terbaik berupa tropy, bingkisan dan dana pembinaan. (Dedi Sihombing/elz).

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar