Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro mengaku bahwa Rizieq Shihab bersama keluarganya sedang menjalani ibadah umroh. Namun, dirinya mengaku tidak diberitahu soal keberangkatan itu.

JAKARTA, harianpijar.com – Setelah kembali mangkir dari pemeriksaan Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya pada pekan ini, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab muncul dalam sebuah video di YouTube. Lain itu, dalam video berdurasi hampir enam menit itu, dirinya mengaku sedang berada di Madinah, Arab Saudi.

Namun demikian, keaslian video bertajuk “IMAM BESAR UMAT ISLAM Habib Rizieq Di Madinah…” itu belum bisa dipastikan.

Sebelumnya diketahui, Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro mengaku bahwa Rizieq Shihab bersama keluarganya sedang menjalani ibadah umrah. Meski demikian Sugito mengaku tidak diberitahu soal keberangkatan itu.

Hal tersebut juga dialami Polda Metro Jaya, yang sedianya memeriksa Rizieq Shihab, istrinya Syarifah Fadhlun Yahya, Firza Husein dan Emma pada Selasa 24 April 2017 dalam kasus percakapan berbau pornografi, tidak dilaporkan soal rencana ke Tanah Suci itu.

Begitu juga, dengan ketiga saksi lain yang dipanggil Polda Metro Jaya juga tidak datang dalam pemeriksaan itu.

Sementara, adapun dalam video yang berdurasi 5.54 menit tersebut, Rizieq Shihab berbicara soal keberangkatannya ke Arab Saudi. Dirinya mengaku menjadi korban teror di Tanah Air. Sedangkan, video tersebut diunggah pada 29 April dan diduga direkam menggunakan telepon seluler.

“Kenapa saya saat ini ada di sini, memang dalam tiga bulan terkhir ini luar biasa teror yang terus menerus datang. Saya hadapi semua teror tersebut, semua fitnah kita hadapi. Tetapi belakangan teror itu mulai masuk, dibidik ke istri, ke anak-anak, ke keluarga, saya pikir ini permainan menjadi lebih tidak fair lagi,” kata Rizieq Shihab dalam video tersebut.

“Karena itu saya sebagai kepala keluarga, tentu sebagai dai wajib menjaga umat, sebagai kepala keluarga tetap wajib menjaga keluarga,” lanjut Rizieq Shihab.

“Karena itu saya diam-diam, saya kumpulkan saya punya anak, saya punya cucu, saya punya mantu, saya punya mertua, saya kumpulkan semua. Saya ajak umrah. Umrah ini jalan keluar yang paling aman. Kalau keluarga sudah aman, saya bisa berjuang dengan lebih leluasa,” jelas Rizieq Shihab lebih lanjut.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa di Indonesia rekan-rekannya telah mendatangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia untuk meminta digelarnya penyelidikan terhadap apa yang dia sebut sebagai “kriminalisasi ulama”.

“Komnas sudah setuju akan membentuk tim investigasi independen,” klaim Rizieq Shihab.

Sedangkan, video tersebut belum mendapat tanggapan baik oleh kepolisian maupun oleh tim pembela FPI.

loading...