Ansufri Idrus Sambo, kepergian Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu diputuskan tiba-tiba karena insiden penembakan pada Selasa 25 April 2017 lalu.

JAKARTA, harianpijar.com – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah berada di tanah suci untuk menunaikan ibadah umrah bersama keluarganya yang berjumlah delapan belas orang.

Menurut Ketua Panitia Tamasya Al Maidah, Ansufri Idrus Sambo atau Ustaz Sambo, yang juga merupakan salah satu pimpinan di Gerakan Bela Islam menyebut kepergian Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu diputuskan tiba-tiba karena insiden penembakan pada Selasa 25 April 2017 lalu.

“Jadi dia habis zikir pagi-pagi, di depan rumanhya, kan ada pendopo. Itu ditembak, tapi meleset,” kata Ansufri Idrus Sambo kepada wartawan di kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Jakarta Pusat, Jumat 28 April 2017.

Lebih lanjut, dikatan Ansufri Idrus Sambo, di depan rumah Habib Rizieq di kawasan Megamendung, kabupaten Bogor, Jawa Barat, memang terdapat pendopo yang biasa digunakan untuk berzikir. Selasa lalu saat menunaikan ibadah tersebut, Ustaz Sambo meyebut ada peluru yang mendarat di pendopo, tidak jauh dari tempat Rizieq Shihab berzikir.

Sementara, ditegaskan Ansufri Idrus Sambo, setelah kejadian tersebut penjagaan di tempat tersebut diperketat. Lain itu, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab langsung mengurus segala sesuatunya agar dirinya dan keluarga besarnya bisa segera meninggalkan tanah air, untuk pergi berlindung sekaligus umrah ke tanah suci.

Selanjutnya, Ansufri Idrus Sambo juga mengatakan, sehari setelah kejadian tersebut rombongan Rizieq Shihab yang berjumlah delapan belas orang itu langsung pergi ke Arab Saudi. Lain itu, dirinya membantu Rizieq Shihab bisa mengurus segala sesuatunya dengan cepat, termasuk mengurus visa untuk keberangkatan.

“Dia kan ulama, punya jaringan, banyak yang mau membantu,” kata Ansufri Idrus Sambo.

Namun, sayangnya kasus penembakan tersebut tidak dilaporkan ke Polisi.

Karena menurut Ansufri Idrus Sambo, pihak Rizieq Shihab sudah menyimpan peluru yang nyaris menyasar sang habib, dan akan menggelar konferensi pers dalam waktu dekat.

Sedangkan, dijelaskan Ansufri Idrus Sambo, saat ditanya sampai kapan Rizieq Shihab pergi meninggalkan tanah air, dirinya menyebut Rizieq Shihab akan kembali ke tanah air jika segala teror dan ancaman yang dialami belakangan ini berakhir. “Sampai aman negeri ini,” tandasnya.

SUMBERTribunnews
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR