Tjahjo Kumolo, salah satu bentuk dukungan pemerintah pada penyelenggaraan pilkada adalah menyediakan anggarannya.

JAKARTA, harianpijar.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, pemerintah siap membantu penyelenggara pemilu guna menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Menurut rencana, Pilkada 2018 akan digelar di 171 daerah pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Kami ikut KPU, tidak masalah digelar 27 Juni 2018 mendatang,” kata Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu 26 April 2017.

Menurut Tjahjo Kumolo, salah satu bentuk dukungan pemerintah pada penyelenggaraan pilkada adalah menyediakan anggarannya. Karena itu, seluruh tahapan yang sudah akan dimulai tahun ini bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya, ditegaskan Tjahjo Kumolo, sebagai bukti keseriusan pemerintah, Kemendagri mulai mendorong daerah agar mulai tahun ini menyiapkan anggaran pelaksanaan pilkada. Dengan demikian pelaksanaan pilkada tidak membebani APBD 2018.

“Ada daerah yang akan mengubah anggarannya dalam APBD perubahan. Karena seperti Jawa Timur, itu kan (biaya penyelenggaraan pilkada-red) cukup tinggi. Begitu juga dengan Jawa Barat dan Jawa Tengah, juga cukup tinggi,” tegas Tjahjo Kumolo.

Lebih lanjut, dikatakan Tjahjo Kumolo, dirinya juga mendorong pemda agar benar-benar melakukan penghitungan anggaran pilkada secara matang. Pasalnya, jangan sampai besarnya anggaran pilkada justru memangkas pembiayaan untuk program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kalau memberatkan, harus diperhitungkan. Jangan sampai anggaran pembangunan tersedot semua. Pilkada penting, tapi buat masyarakat juga sangat penting,” tandas Tjahjo Kumolo.

SUMBERJPNN
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR