Terkait Dibebaskannya Terpidana Korupsi Hambalang, KPK Sesalkan Pemberian Cuti

Jurubicara KPK Febri Diansyah mengatakan, seharusnya Ditjen Pas Kemenkumham tidak memberikan kelonggaran kepada narapidana korupsi.

JAKARTA, harianpijar.com – Komisi Pemberantsan Korupsi (KPK) menyayangkan Kemenkumham memberikan cuti menjelang bebas kepada terpidana korupsi proyek Hambalang dan juga mantan Menpora Andi Alifian Mallarangeng. Lain itu, diketahui Andi Alifian Mallarangeng sudah meninggalkan Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Jumat 21 April 2017 kemarin.

Menurut Jurubicara KPK Febri Diansyah mengatakan, seharusnya Ditjen Pas Kemenkumham tidak memberikan kelonggaran kepada narapidana korupsi. Selain itu, seharusnya Kemenkumham tidak membuat aturan yang berpihak kepada narapidana korupsi. Terlebih lagi, Andi Alifian Mallarangeng bukan justice collaborator (JC).

Baca juga:   Terkait Kasus E-KTP, KPK Jadwalkan Pemeriksaan Ulang Miryam S Haryani

“Kami berharap peraturan-peraturan yang memberikan kelonggaran cuti jelang bebas, pembebasan bersyarat, remisi tidak diberikan lagi,” kata Febri Diansyah, Sabtu 22 April 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Febri Diansyah, KPK sudah sepakat sejak awal untuk memberi efek jera bagi koruptor. “Jangan lagi ada peraturan-peraturan yang meringangkan untuk terpidana korupsi,” tegas Febri Diansyah.

Selanjutnya, menurut Febri Diansyah, terkecuali bagi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum untuk membongkar kasusnya seperti menjadi justice collaborator.

“Jadi ke depan kami berharap terpidana kasus korupsi tidak perlu diberikan lagi kecuali yang bersangkutan JC,” kata Febri.

Baca juga:   Politisi Demokrat Sebut Surat Keberatan Pencekalan Setya Novanto Tidak Penting

Seperti diberitakan, Andi Alifian Mallarangeng keluar penjara karena mendapat cuti menjelang bebas selama tiga bulan. “Dengan ketentuan wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan Klas I Bandung,” kata Kepala Sub Bagian Publikasi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Syarpani.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar