Jenderal Tito Karnavian, adanya temuan sejumlah intimidasi pendukung paslon tertentu terhadap pendukung paslon lainnya di beberapa TPS, hal itu hanya kesalahpahaman.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian memastikan situasi Jakarta aman dan terkendali. Lain itu, kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga KPU menetapkah hasil penghitungan suara pilkada DKI putaran kedua.

“Selama pemungutan suara hari ini (kemarin-red), semua lancar, tidak ada insiden yang berarti. Saya ajak semua warga, mari kita pertahankan kesejukan dan kenyamanan ini sampai akhir penghitungan suara (oleh KPU),” kata Jenderal Tito Karnavian di Stadion PTIK, Jakarta, 19 April 2017.

Menurut Jenderal Tito Karnavian, adanya temuan sejumlah intimidasi pendukung paslon tertentu terhadap pendukung paslon lainnya di beberapa TPS, hal itu hanya kesalahpahaman.

Lebih lanjut, Jenderal Tito Karnavian, aksi intimidasi itu langsung ditangani segera kapolres dan kapolda. Lain itu, dirinya mengakui polisi memang menerima sejumlah laporan, termasuk dari relawan Basuki-Djarot.

Sementara, menurut Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan menyatakan, polisi telah mengamankan orang-orang tidak berkepentingan yang datang ke TPS. Pasalnya, maklumat bersama yang dikeluarkan pada Senin lalu secara tegas melarang pengerahan massa ke TPS.

“Baik perorangan maupun kelompok sudah ditinjaklanjuti. Terkait massa dan golongan yang ingin mengamankan TPS juga sudah ada yang diamankan. Ada beberapa tempat di (Jakarta) Timur, Utara, dan Selatan. Paling banyak di Selatan,” kata Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan.

loading...