Adanya Maklumat Bersama, Calon Peserta Tamasya Al Maidah Asal Cilacap Mengendur

Ketua Forum Umat Islam (FUI) Cilacap, Syamsuddin, kami jadi tidak bisa berkoordinasi secara maksimal karena ada maklumat itu,sedikit banyak itu berpengaruh.

CILACAP, harianpijar.com – Dengan dikeluarkannya Maklumat Bersama Polda Metro Jaya, KPU DKI Jakarta, dan Bawaslu DKI membuat koordinasi massa aksi Tamasya Al Maidah di daerah mengendur.

Lain itu, Maklumat bersama tersebut berisi larangan kegiatan mobilisasi massa untuk mengintimidasi proses pemungutan suara putaran kedua Pilkada DKI Jakarta di tempat pemungutan suara.

Menurut Ketua Forum Umat Islam (FUI) Cilacap, Syamsuddin, mengatakan koordinasi massa calon peserta aksi Tamasya Al Maidah ke ibu kota negara menjadi kurang maksimal akibat adanya maklumat tersebut.

Baca juga:   Polisi: Diminta Masyarakat Tidak Ikut Tamasya Al Maidah Saat Pencoblosan

“Kami jadi tidak bisa berkoordinasi secara maksimal karena ada maklumat itu. Sedikit banyak itu berpengaruh,” kata Syamsuddin, Selasa, 18 April 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Syamsuddin, sepertinya ada upaya penyekatan oleh masing-masing Polres di wilayah perbatasan yang mencoba mengadang keberangkatan para peserta aksi. Akibatnya, sejumlah calon peserta aksi yang sebelumnya telah menyatakan kesiapan berangkat ke Jakarta menjadi ragu-ragu.

Selain itu, Syamsuddin juga mengatakan, dari Cilacap semula tercatat ada 33 calon peserta Tamasya Al Maidah dari berbagai ormas yang mendaftarkan diri. Namun, jumlahnya tersebut menyusut menjadi 28 orang karena beberapa mengundurkan diri.

Baca juga:   Djarot: Saksi Sudah Banyak, Tidak Perlu Tambahan Saksi di Pilkada Putaran Kedua

Selanjutnya, terakhir jumlah itu kembali berkurang setelah tiga calon peserta membatalkan keberangkatannya. Karena itu, dirinya belum bisa memastikan apakah sisa calon peserta itu jadi berangkat ke Jakarta.

“Kami hanya menyayangkan, kok demokrasi seperti ini. Padahal kami ke Jakarta cuma mau memantau Pilkada, kenapa dilarang,” kata Syamsuddin.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar