Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menyebut tujuan dari atribut dan jargon tersebut adalah untuk meningkatkan rasa yakin masyarakat terhadap pengamanan hari pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta yang akan digelar 19 April 2017 besok (hari ini-red).

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Rabu, 19 April 2017 besok akan mengamankan hari pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta. Lain itu, aparat gabungan dari kepolisian dan TNI menggelar apel persiapan pengamanannya.

Sedangkan, apel persiapan pengamanan itu dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dan diikuti Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo.

Namun, ada yang berbeda dari penampilan mereka dalam apel tersebut. Terlihat ada atribut baru yang disematkan di dada mereka dan juga para personel pengamanan dari TNI dan Polri.

Lain itu, atribut dimaksud berupa pin berbentuk bulat dan berwarna putih. Pada pin tersebut terdapat sebuah tulisan sederhana berwarna merah berbunyi “Aman, Ada Kami”. “Itu adalah tagline dalam rangka pengamanan pemilu (DKI Jakarta),” kata Jenderal Pol Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 18 April 2017 kemarin.

Lebih lanjut, dikatakan Jenderal Pol Tito Karnavian, dirinya menyebut tujuan dari atribut dan jargon tersebut adalah untuk meningkatkan rasa yakin masyarakat terhadap pengamanan hari pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta yang akan digelar 19 April 2017 besok (hari ini-red).

Sedangkan, menurut Jenderal Tito Karnavian, Pin tersebut bukan hanya digunakan oleh Polri dan TNI, melainkan juga seluruh satuan pengamanan Pilkada DKI Jakarta yang juga melibatkan satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang direkrut oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Namun, dikatakan Jenderal Pol Tito Karnavian, kata “Kami” pada jargon tersebut tidaklah hanya merujuk pada pasukan gabungan pengaman Pilkada DKI Jakarta saja, melainkan juga masyarakat umum. “Kami disini maksudnya adalah kita semua. Kita yang ingin agar Jakarta aman,” kata Jenderal Pol Tito Karnavian.

Selanjutnya, Jenderal Pol Tito Karnavian, juga berharap dengan semangat itu hari pemungutan suara akan lancar dan aman. “Semoga pesta demokrasi ini tidak diwarnai dengan insiden-insiden yang berarti,” tandas Jenderal Pol Tito Karnavian.

SUMBERTempo
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR