Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Mengaku Terkejut Setya Novanto Dicekal Keluar Negeri

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. (Foto:Google).

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengaku terkejut adanya pemberitaan terkait pencekalan keluar negeri kepada Ketua DPR RI Setya Novanto. Lain itu, Fadli Zon juga menghormati proses hukum yang dijalankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Fadli Zon, ini kan masih dalam proses yang dilakukan, kita juga harus menghormati proses hukum tersebut.

“Tentu ini kan masih dalam satu proses yang dilakukan walaupun saya cukup kaget juga kita hargai proses hukum,” kata Fadli Zon di komplek DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa 11 April 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Fadli Zon, kinerja pimpinan DPR RI tidak akan terganggu meski Setya Novanto pada akhirnya dilarang ke luar negeri. Karena secara sistem kerja, pimpinan DPR menganut azas kolektif kolegial, yaitu bisa menggantikan pimpinan yang berhalangan.

Baca juga:   Busyro Muqoddas: Korupsi Pengadaan Blangko E-KTP Sudah Dirancang Sejak Awal

“Saya kira tidak ada masalah ya karena ini kan masih dalam satu tahap awal,” tegas Fadli Zon.

Diketahui sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meminta pihak Imigrasi untuk melakukan pencegahan ke luar negeri terhadap Ketua DPR Setya Novanto‎.

Sementara, menurut jurubicara KPK, Febri Diansyah membenarkan adanya permintaan pencegahan itu selama enam bulan kedepan.

Baca juga:   Pastikan Typo Bukan karena Buru-Buru, Masinton: Perbaikan UU KPK Akan Diserahkan Sebelum 17 Oktober

“Terkait kasus korupsi e-KTP dengan tersangka AA (Andi Agustinus alias Andi Narogong), kami minta pencegahan ke Imigrasi untuk Setya Novanto ‎selama 6 bulan kedepan,” kata Febri Diansyah, Selasa 11 April 2017.

Selain itu, atas permintaan pencegahan juga dibenarkan oleh Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie. Lain itu, saat dikonfirmasi soal hal itu, Ronny F Sompie mengatakan permintaan pencegahan dikirim KPK pada Senin 10 April 2017 malam.

“Kemarin malam kami sudah menerima Surat Permintaan Pencegahan untuk tidak bepergian keluar negeri atas nama bapak Setya Novanto,” kata Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie.

SUMBERTribunnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini