Ditingkat Kasasi, Mantan Bupati Seluma Murman Effendi dan Anak Dipenjara Bersama

Mantan Bupati Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Murman Effendi dihukum 2 tahun penjara dan anaknya Joresmin Nuryadin Murman dihukum 4 tahun penjara ditingkat kasasi.

JAKARTA, harianpijar.com – Mantan Bupati Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Murman Effendi dihukum 2 tahun penjara dan anaknya Joresmin Nuryadin Murman dihukum 4 tahun penjara. Lain itu, keduanya berkomplot untuk melakukan kejahatan, menggerogoti APBD Kabupaten Seluma dalam proyek pembangunan jalan.

Seperti diketahui, kasus berawal saat Kabupaten Seluma pada 2011 lalu, menggelar proyek pembangunan jalan dengan aspal hotmix dengan nilai Rp 60 miliar. Lain itu, Murman Effendi yang menjabat sebagai Bupati saat itu bermain mata dengan anaknya untuk mengerjakan proyek tersebut.

Sementara, Joresmin Nuryadin Murman yang juga merupakan anak dari mantan Bupati Kabupaten Seluma (Murman Effendi) memiliki perusahaan di bidang pembangunan jalan dan mengerjakan proyek yang digelar.

Namun, hasil penyelidikan, terjadi permainan dalam pengerjaan proyek jalan tersebut. Bahkan, perhitungan BPK, Negara dirugikan mencapai Rp 3,6 miliar. Sementara, mantan Bupati Kabupaten Seluma Murman Effendi dan Joresmin Nuryadin Murman, harus sama-sama mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Baca juga:   Usai Diperiksa KPK, Farhat Abbas Ungkap Inisial Nama Politikus Yang Tekan Miryam

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Joresmin Nuryadin oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 tahun dan pidana denda sebesar Rp 100 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan,” kata majelis Pengadilan Tipikor Bengkulu sebagaimana dilansir Mahkamah Agung (MA), Minggu 9 April 2017.

Selain itu, Joresmin Nuryadin Murman juga wajib membayar uang pengganti sebesar Rp 2 miliar. Dengan ketentuan jika terpidana tidak membayar uang pengganti dalam waktu 1 bulan setelah putusan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

“Dan dalam hal terpidana tidak mempunyai harta benda yang cukup, maka harus diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun,” putus majelis pada 16 Februari 2017 lalu.

Sedangkan, mantan Bupati Kabupaten Seluma Murman Effendi yang juga merupakan ayah kandung dari Joresmin Nuryadin, dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dan pidana denda sebesar Rp 200 juta. Diketahui, bapak dan anak tersebut diadili oleh majelis hakim yang terdiri dari Suryanan, Jonner Manik dan Rahmat.

Baca juga:   Untuk Jalani Pemeriksaan, Mantan Bupati Bengkulu Selatan Ditahan BNN di Jakarta

Diketahui sebelumnya, sidangan pengadilan itu ternyata bukan kasus pertama yang dialami mantan Bupati Kabupaten Seluma Murman Effendi. Karena, Murman Effendi sebelumnya sempat diadili karena menyuap 27 anggota DPRD agar Raperda berjalan mulus.

Namun, Murman Effendi divonis bebas di tingkat pertama. Sementara, duduk sebagai ketua majelis hakim saat itu adalah Janer Purba. Belakangan, Janer Purba ditangkap KPK karena menerima suap jelang putusan kasus korupsi RSUD M Yunus Bengkulu.

Namun, ditingkat kasasi, mantan Bupati Kabupaten Seluma Murman Effendi akhirnya divonis hukuman 2 tahun penjara.

Sedangkan, kasus korupsi yang dilakukan bapak dan anak ini mengingatkan akan kasus korupsi pengadaan Alquran. Pada kasus itu, Zulkarnaen Djabar divonis hukuman 15 tahun penjara dan anaknya, Dendy Prasetya dihukum 8 tahun penjara.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar