Polri: Tersangka Makar Butuh Dana Rp 3 Miliar

Kabagpenum Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul, soal aliran dana juga akan dikumpulkan menjadi bukti pendukung dari tuduhan, dugaan akan melakukan makar ini.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menduga tersangka makar yang diamankan Polda Metro Jaya pada Jumat, 31 Maret 2017 lalu, membutuhkan dana Rp 3 miliar. Lain itu, diduga dana tersebut akan digunakan untuk aksi penggulingan pemerintah.

Menurur Kabagpenum Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul, penyidik saat ini tengah mengumpulkan alat bukti, termasuk mendalami dugaan uang Rp 3 miliar tersebut.

“Soal aliran dana juga akan dikumpulkan menjadi bukti pendukung dari tuduhan, dugaan akan melakukan makar ini,” kata Kombes Pol Martinus Sitompul, di Mabes Polri, hari ini Senin, 3 April 2017.

Baca juga:   Panglima TNI: Tuduhan Allan Nairn Tentara Mau Kudeta Hanya Isu Kecil

Lebih lanjut, ditegaskan Kombes Pol Martinus Sitompul, proses pemufakatan jahat meskipun masih dalam perencanaan tetap dikategorikan sebagai perbuatan pidana makar. Menurutnya, hal itu termasuk dengan ditemukannya rapat-rapat yang dilakukan oleh tersangka Muhammad Al-Khaththath, Zainuddin Arsyad, Irwansyah, Dikho Nugraha, dan Andre sebelum penangkapan.

Selain itu, Kombes Pol Martinus Sitompul, juga mengatakan, bukti-bukti yang diamankan penyidik berupa sejumlah dokumen dan pernyataan untuk mengganti rezim. Sedangkan alat bukti lainnya masih dalam pendalaman-pendalaman. “Kami sedang kumpulkan beberapa bukti-bukti. Sudah ada yang dikumpulkan seperti dokumen-dokumen dan kemudian pernyataan untuk mengganti rezim,” kata Kombes pol Martinus Sitompul.

Baca juga:   Polda Metro: Untuk Ungkap Kasus Novel Baswedan, Polisi Minta Informasi Kasus Ke KPK

Sementara, untuk diketahui polisi mengamankan lima tersangka sebelum dilakukannya aksi 313 pada Jumat, pekan lalu. Muhammad Al-Khaththath dan teman-temannya diduga akan mendompleng aksi 313 tersebut untuk menduduki DPR dan mendesak mereka untuk mengganti pemerintahan saat ini.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar