Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Itu kan wacana ya, dan menurut saya wacana itu sudah cukup lama. Saya kira pemerintahan Pak Jokowi belum pernah membahas dalam rapat kabinet.

JAKARTA, harianpijar.com – Kementerian Dalam Negeri menyatakan rencana pemindahan Ibu Kota negara dari DKI Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah hanya wacana. Lain itu, wacana itu belum menjadi prioritas Pemerintahan dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo‎ (Jokowi).

Menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, rencana pemindahan Ibu Kota negara dari DKI Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah hanya wacana. Selain itu, wacana itu sudah cukup lama.

“Itu kan wacana ya, dan menurut saya wacana itu sudah cukup lama. Saya kira pemerintahan Pak Jokowi belum pernah membahas dalam rapat kabinet,” kata Tjahjo Kumolo saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017 kemarin.

Lebih lanjut, ditegaskan Tjahjo Kumolo, pemindahan Ibu Kota bukan perkara mudah. Pemerintah saat ini lebih fokus pada upaya percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah.

“Karena pindah itu tidak hanya pindah orangnya saja, infrastrukturnya, semua permasalahan,” tegas Tjahjo Kumolo.

Selain itu, dikatakan Tjahjo Kumolo, wacana pemindahan Ibu Kota negara sudah bergulir sejak dulu. Dan pemerintah baru bisa menampung wacana itu sebagai sebuah usulan publik.

“Wacana ini sejak dulu muncul terus, itu kan aspirasi. Ya nggak apa-apa kita tampung saja,” kata Tjahjo Kumolo.

Sementara, juga dijelaskan Tjahjo Kumolo, dirinya menceritakan saat Gubernur Kalimantan Tengah Periode 2005-2010 dipimpin Teras Narang, wacana juga sudah mencuat.‎ Namun, ketika masuk dalam pembahasan, justru ditemukan fakta bahwa harga tanah di Kalimantan Tengah melambung tinggi sehingga pembahasan pemindahan Ibu Kota menjadi berhenti.

Selain itu, menurut Tjahjo Kumolo, sebelum ke Kalimantan Tengah, dulu juga pernah ada usulan Ibu Kota negara dipindah ke Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Namun hal itu baru pada tahap wacana.

“Selain ke Palangkaraya dulu juga ada usulan Ibu Kota dipindah ke Jonggol, namun ini kan baru aspirasi. Ya wajar saja,” kata Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya‎, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dalam pertemuan dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro beberapa waktu lalu mengatakan kesiapan daerahnya menjadi Ibu Kota negara.

“Saya bertemu Pak Menteri melaporkan rencana pembangunan Kalteng. Komitmen kami tidak main-main untuk mendukung rencana-rencana pemerintah pusat. Kalau pusat memang butuh, kami sangat siap jadi Ibu Kota negara. Itu juga cita-cita Pak Karno kan,” kata Sugianto, Rabu 11 Januari 2017 silam.

SUMBERSuara.com
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR