Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, pemerintah mengharapkan uji kepatutan dan kelayakan tersebut dapat diselesaikan sebelum 12 April 2017 mendatang.

JAKARTA, harianpijar.com – Kementerian Dalam Negeri meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lain itu, Mendagri berharap hasil uji kepatutan dan kelayakan tersebut bisa diselesaikan sebelum 12 April 2017.

Menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, pemerintah mengharapkan uji kepatutan dan kelayakan tersebut dapat diselesaikan sebelum 12 April 2017 mendatang.

“Pemerintah mengharapkan selesai tanggal 10-an, karena proses mempersiapkan keppres (keputusan presiden) dan pelantikan,” kata Tjahjo Kumolo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis 23 Maret 2017.

Lebih lanjut, dijelaskan Tjahjo Kumolo, jabatan keanggotaan KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu bakal selesai pada 12 April 2017. Selain itu, dirinya juga memahami kerja Komisi II yang padat karena berbarengan dengan pembahasan RUU tentang Penyelenggaraan Pemilu.

“Kami berharap sudah diselesaikan dan disahkan di paripurna dan sebelum 12 April,” jelas Tjahjo Kumolo.

Diketahui, sebanyak 24 nama calon komisioner KPU dan Bawaslu telah diajukan pemerintah kepada DPR untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan. Lain itu, nama-nama ini dipilih setelah melalui serangkaian seleksi tes tertulis, tata kelola pemilu, tes kesehatan, dan tes psikologi. Proses seleksi saat ini menunggu uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Selanjutnya, dari 24 nama calon tersebut, sebanyak 14 adalah nama calon komisioner KPU. Mereka diantaranya Amus Abkana, I Dewa Diwiarsa Kartasandi, Ilham Sapurta, Evi Novida Ginting Manik, Ferry Kurnia Rizkyansyah, Ida Budiati, Wahyu Setiawan, Sri Budi Eko Wardani, Pramono Ubek Tantowi, Yessy Y Momongan, Hasyim Asyari, Arif Budiman, Firian, Sigit Pamungkas.

Sementara, sebanyak 10 nama calon komisioner Bawaslu juga disiapkan. Mereka adalah Ratna Dewi Petalolo, Mohammad Najib, Abhan, Sri Wahyu Araningsih, Frans Edward Siregar, Syahrida Rahmawati Rasahan, Mohammad Afidudin, Herwin Jefler Hirsa Malonda, Abdullah, Rahmat Bagja.

SUMBERTempo.co
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR