Peneliti Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos, intoleransi sengaja dihembuskan lantaran kelompok itu tidak mampu mendulang suara, bahayanya kalau dibiarkan kelompok ini bakal terus terlibat dalam proses politik di Tanah Air.

JAKARTA, harianpijar.com – Peneliti dari Setara Institute mengatakan sulit dipungkiri, isu intoleransi telanjur mencuat di Pilkada DKI. Lain itu, gaungnya dinilai melebihi nyaring ketimbang pemaparan para kandidat soal visi dan misi.

Hal tersebut disampaikan Peneliti Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos saat mengisi diskusi bertajuk Potret Intoleransi Jelang Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua. Selain itu, dirinya juga meyakini, ada yang mengais keuntungan dari mencuatnya isu intoleransi.

“Yang untung adalah kelompok non parlemen,” kata Bonar Tigor Naipospos saat dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis 23 Maret 2017.

Menurut Bonar Tigor Naipospos, intoleransi sengaja dihembuskan lantaran kelompok itu tidak mampu mendulang suara. Namun, bahayanya kalau dibiarkan kelompok ini bakal terus terlibat dalam proses politik di Tanah Air.

Lain itu, dikatakan Bonar Tigor Naipospos, dirinya enggan merinci siapa dimaksud kelompok non parlemen tadi.

“Mereka ini akan masuk terus. Harus distop!” tegas Bonar Tigor Naipospos.

Sementara, Negara barang tentu harus hadir. Dengan cara menegakkan hukum yang tegas pada pelaku intoleransi. “Demi menjaga bangunan sosial,” kata Bonar Tigor Naipospos.

Sedangkan, menurut Populi Center berpendapat Pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno diuntungkan atas mencuatnya isu toleransi di Pilkada DKI, namu Bonar Tigor Naipospos sedikit berbeda pandangan.

Karena, menurut Bonar Tigor Naipospos, baik Anies-Sandiaga maupun pesaingnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat tidak diuntungkan oleh maraknya isu toleransi.

Namun, jelas Bonar Tigor Naipospos, Anies-Sandi tampak enjoy dengan bergulirnya isu intoleransi. Terlihat kesan, Anies-Sandi melakukan pembiaran terhadap isu ini.

“Karena mereka merasa enjoy. Meskipun retorika mereka selalu bilang pro kebangsaan,” tandas Bonar Tigor Naipospos.

SUMBERMetrotvnews.com
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR