Mendagri Tjahjo Kumolo, dirinya berharap agar DPR segera membahas dan melakukan proses fit and proper test terhadap 14 nama calon anggota KPU dan sepuluh nama calon anggota Bawaslu, yang telah diserahkan ke DPR.

JAKARTA, harianpijar.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak ingin berdebat terkait adanya keinginan beberapa anggota dewan memperpanjang masa jabatan penyelenggara pemilu periode 2012-2017 sampai proses pembahasan Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu selesai dilakukan.

Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dirinya berharap agar DPR segera membahas dan melakukan proses fit and proper test terhadap 14 nama calon anggota KPU dan sepuluh nama calon anggota Bawaslu, yang telah diserahkan ke DPR.

“Kami mengharapkan jadwal fit and proper test DPR dan kemudian keputusannya disampaikan ke presiden sebelum 12 April,” kata Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Kamis 23 Maret 2017.

Lebih lanjut, dijelaskan Tjahjo Kumolo, mengingat masa jabatan penyelenggara pemilu saat ini, akan berakhir pada 12 April mendatang. Karena itu sebaiknya hasil fit and proper test DPR dapat rampung paling tidak pada 10 Februari.

Lain itu, menurut nya agar ada waktu bagi pemerintah menyiapkan Keppres pengangkatan penyelenggara yang baru dan mempersiapkan proses pelantikan.

“Informasi yang kami dengar, Komisi II saat ini sedang melakukan koordinasi internal secara intensif, untuk mencari waktu (melaksanakan fit and proper test-red). Yang saya pahami, kinerja Komisi II DPR sekarang sangat tinggi,” tandas politisi PDI Perjuangan itu.

loading...