Alibaba
Logo Alibaba Group di kantor pusatnya di Hangzhou, provinsi Zhejiang, Cina, 14 Oktober 2015. (foto: REUTERS/Stringer)

harianpijar.com – Dua sumber mengatakan, raksasa e-commerce asal Cina Alibaba Group Holding Limited berencana mendirikan pusat distribusi regional mereka di Malaysia, guna untuk memenuhi kebutahan bisnis yang berkembang pesat di kawasan itu.

Pusat distribusi tersebut akan ditempatkan dalam KLIA Aeropolis, yang di bangun diatas lahan seluas 24.700-acre. pembangunan yang dipimpin oleh operator bandara Malaysia Airports Holdings Bhd (MAHB) diharapkan dapat menghasilkan investasi domestik dan asing senilai lebih dari 7 miliar ringgit atau setara dengan $1.580.000.000.

Seperti dilansir Reuters, Kepala Eksekutif Alibaba Jack Ma dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak diharapkan untuk mengumumkan rencana tersebut dalam sebuah acara di Kuala Lumpur pada pekan depan, masih kata dua sumber tersebut.

Pusat distribusi akan dibangun dengan bantuan lembaga terkait dari negara Malaysia. Tapi, tidak jelas apakah Alibaba akan menginvestasikan sejumlah dana dalam proyek tersebut atau tidak.

“Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) memberikan fasilitas untuk Alibaba Group, pilot layanan distribusi mereka sudah di sini, dan jika (Alibaba) memutuskan untuk berkembang di masa mendatang, ada pilihan untuk membangun lebih dari yang lain (yang belum dikembangkan) di KLIA Aeropolis,” ujar salah satu sumber.

Namun, Alibaba dan kantor perdana menteri Malaysia belum bersedia memberikan komentar atas kabar tersebut.

Sementara itu, media Malaysia melaporkan bahwa Ma, akan membantu mengarahkan pengembangan e-ekonomi Malaysia dengan pelaksanaan pembayaran online dan perbankan.

“Banyak orang melihat Malaysia sebagai pusat distribusi yang hadir di sebelah Singapura. Malaysia mungkin tidak bisa mengambil semua bisnis Singapura tetapi itu adalah pilihan yang baik (logistik),” kata salah satu sumber.

loading...