Marc-Marquez
Marc Marquez. (foto: Gold and Goose Photography)

harianpijar.com – Fairing baru Honda RC213V dikatakan oleh Marc Marquez sebagai penyebab kecelakaan yang dialaminya pada hari pertama tes pramusim di Qatar.

Seperti dilansir Motorsport, Marquez jatuh di tikungan terakhir ketika menguji coba fairing baru pada Honda RC213V. Juara dunia MotoGP itu lalu mengatakan penyebab kecelakaan karena pengaruh fairing, walaupun ia juga sempat mengakui karena terlambat mengerem.

“Itu sedikit mengubah motor. Dan seperti yang saya katakan, winglet mengubah sedikit set-up. Ketika saya mengendarai motor, saya tidak merasakannya,” kata Marquez saat usai tes.

“Tapi lalu ketika saya berhenti dan mengecek data, itu (fairing) mengubah cukup banyak set-up saat masuk ke tikungan. Dan untuk alasan itu saya kehilangan grip (daya cengkeram) bagian depan.”

Fairing baru didesain untuk membantu agar roda depan tidak terangkat saat keluar tikungan (wheelie), serta tentunya untuk meningkatkan akselerasi, yang mana merupakan faktor penting bagi Honda.

Lain itu, desain fairing yang dipakai Honda pada tes di Qatar ini mirip seperti yang diuji coba Suzuki ketika tes di Phillip Island, yakni berada di belakang flare dari bodi atas roda depan.

Honda menjadi pabrikan keempat MotoGP yang memperkenalkan desain fairing baru, yang bertujuan untuk mendapatkan kembali downforce (daya tekan ke bawah) usai pelarangan winglet.

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR