Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati, saya melihat memang perlu adanya upaya dari Pemerintah Daerah bersama penggiat wisata dan budaya daerah, berupa adanya kegiatan yang bersifat rutin dan unik.

BENGKULU, harianpijar.com – Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu bekerjasama menggelar seminar Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Seminar yang gelar di Benteng Marlborough Bengkulu ini, bertujuan untuk menunjang kemajuan pembangunan daerah.

Menurut anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati, untuk memicu kebangkitan pariwisata daerah khususnya Bengkulu yang potensinya cukup menarik, perlu dorongan dari pihak Kementerian terkait. Dengan memberikan perhatian berupa workshop ataupun pelatihan. Hal ini nantinya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan kunjungan wisatawan

Lebih lanjut, ditegaskan Dewi Coryati, dari potensi tersebut masih banyak yang belum dikelola secara baik. Hal itu, yang menyebabkan Bengkulu belum mampu mendatangkan para wisatawan, baik regional, nasional maupun manca Negara.

“Saya melihat memang perlu adanya upaya dari Pemerintah Daerah bersama penggiat wisata dan budaya daerah, berupa adanya kegiatan yang bersifat rutin dan unik,” kata Dewi Coryati, di Bengkulu, Kamis, 9 Maret 2017.

Selanjutnya, juga dijelaskan Dewi Coryati, dirinya menyarankan meski dari aspek transportasi darat, laut dan udara, dari dan ke Bengkulu sudah masuk dalam kategori baik. Namun, masih perlu ada penambahan lagi, termasuk perbaikan infrastruktur umum, seperti jalan yang saat ini masih banyak berlubang.

“Dengan adanya langkah pembenahan dan perbaikan infrastruktur umum itu, setiap para wisatawan yang ingin datang ke Bengkulu bisa lebih cepat dan nyaman,” jelas politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Selain itu, dikatakan Dewi Coryati, Pemerintah Daerah juga harus memberikan perhatian dan jaminan keamanan bagi wisatawan yang datang berkunjung ke salah satu objek wisata di Bengkulu, seperti Pantai Panjang.

Lain itu, keamanan tersebut berupa pemasangan tanda bahaya, dan adanya penjaga yang tugasnya mengawasi segala bentuk aktifitas para wisatawan.

“Sehingga masalah adanya turis asal luar negeri, meninggal dunia akibat tenggalam di Pantai Panjang Bengkulu, yang terkenal dengan ganas gulungan ombaknya, tidak sampai terulang kembali nantinya,” kata anggota Komisi X DPR RI asal Dapil Bengkulu itu.

Sementara, kegiatan seminar tersebut diikuti sekitar 150 peserta yang berasal dari berbagai pihak. Kegiatan jug dilanjutkan dengan bersih bersih kawasan wisata Benteng Marlborough Kota Bengkulu. (elz)

loading...