Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dalam pertemuan itu dirinya banyak berguyon dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, mengajak calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), untuk bertemu dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, di rumah dinas Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu 8 Maret 2017.

Sementara, dikatakan calon Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam pertemuan itu, dirinya banyak berguyon dengan Jacob Zuma. “Jadi kami ngobrol bebas-lah, kayak sudah kenal lama kan, dia senang juga, ketawa-ketawa. Saya juga candain, kenapa ada sister city kok enggak ada brother city ya,” kata Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sambil tertawa.

Menurut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), hal itu yang menyebabkan dirinya lama menyepakati kesepakatan sister city antara Jakarta dan Cape Town, Ibu Kota Afrika Selatan.

Seharusnya, sister city antara Jakarta dengan Cape Town sudah berlangsung lama. “Mungkin kalau ada brother city, mungkin cepat. Kami kan adanya brotherhood, bukan sisterhood juga,” kata Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang membuat Megawati Soekarnoputri dan Jacob Zuma juga tertawa.

Selanjutnya, menurut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dirinya juga memuji stamina Jacob Zuma yang sudah berusia 75 tahun, tetapi masih tetap sehat dan gagah.

Sementara, dalam pertemuan yang berlangsung tertutup bagi wartawan itu juga membahas mengenai politik. Lain itu, menurutnya sistem pemilihan presiden dan legislatif di Indonesia dan Afrika Selatan menggunakan pola yang sama.

“Tadi dia (Jacob Zuma-red) juga berkata saya. Ditepok-tepok,” kata Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tertawa.

Pertemuan tersebut, selain Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga dihadiri sejumlah petinggi PDI Perjuangan dan kader PDI Perjuangan seperti Djarot Saiful Hidayat dan Hasto Kristiyanto juga berada di kediaman Mega.

Setelah melakukan pertemuan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bertolak dari rumah Megawati dan berada dalam satu mobil dengan Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

SUMBERKompas.com
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR