harianpijar.com – Seperti apa suara manusia salju yang tertusuk es? dan bagaimana suara Batman mendarat pada kap mobil diciptakan? Seorang seniman dari Foley akan mengungkapkan rahasianya.

Gemerincing kunci mobil, membanting pintu, dentingan piring adalah suara yang sehari-hari didengar, namun seniman dari Foley, Alyson Dee Moore menciptakannya dengan cara-cara yang luar biasa.

“Anda mungkin tidak tahu apa yang Anda dengar, tapi Anda mendengar mereka (suara),” katanya dalam sebuah video yang mengungkapkan bagaimana cara Moore menciptakan efek suara dalam film seperti The Matrix, The Dark Knight dan Frozen.

Seperti dilansir dari bbc, Moore telah menjadi seniman di Foley lebih dari 30 tahun, dengan susah payah ia menciptakan efek suara sembari menghitung dan mencocokkan dengan apa yang terjadi di layar.

Di video terlihat bagaimana isi didalam studio Moore yang “penuh sampah” – sepatu lecet, tumpukan pot, sekop yang bersandar di dinding serta rak-rak yang penuh dengan batok kelapa.

Menariknya, ada “pengetahuan” yang kita lihat dari video diatas, tentang proses pembuatan suara saat adegan helm ruang angkasa berbenturan atau suara dari ruas-ruas jari yang retak.

“Foley adalah jenis yang unik dari suara, karena itu sesuatu yang lebih besar dari kehidupan namun masih terdengar seperti kehidupan”, kata Mary Jo Lang, seorang Mixer di Foley.

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR